Selasa 04 Aug 2015 03:23 WIB

Dompet Dhuafa Suplai 8.000 Liter Air Bersih di Subang

Rep: c 94/ Red: Indah Wulandari
Suplai air bersih Dompet Dhuafa
Foto: DD
Suplai air bersih Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID,SUBANG -- Hampir tiga bulan sudah kekeringan melanda beberapa daerah di Indonesia. Beberapa wilayah di antaranya Bekasi, Subang, Indramayu, Blora, dan Tuban pun tak luput dari bencana kekeringan.

Merespons hal tersebut, Dompet Dhuafa melalui tim respon Disaster Management Center (DMC) memberikan bantuan dengan menyediakan 100 tangki air untuk mensuplai kebutuhan air bersih di lima wilayah yang mengalami kekeringan. Sekitar 20 tangki air akan disalurkan ke tiap wilayah tersebut.

Direktur DMC Dompet Dhuafa Asep Beny menuturkan, di wilayah Subang, tepatnya di Dusun Sukarasa, Desa Karang Anyar, Kecamatan Pusaka Jaya, sejak Ahad sore (2/8). Dompet Dhuafa memberikan bantuan dengan menyediakan satu tangki air dengan kapasitas 8.000 liter air bersih untuk membantu kebutuhan warga yang berjumlah 1200 KK.

“Untuk satu orang, akan menerima sebanyak 20 liter air bersih per minggunya. Untuk sementara mereka menggunakan wadah atau jerigen sebagai tempat penampungan air. Rencananya, hingga dua sampai tiga hari ke depan, bantuan air bersih di Subang ini akan berlangsung,” katanya kepada Republika, Senin (3/8) Malam.

Lebih lanjut, Asep Beny mengungkapkan, selain menyuplai kebutuhan air bersih, rencananya Dompet Dhuafa akan mendirikan bak-bak penampungan di wilayah Subang, Indramayu, Blora, dan Tuban. Tim respon juga tengah memfokuskan penyediaan 10 tandon air di masing-masing wilayah tersebut.

“Pembangunan bak penampungan air nantinya akan kami fokuskan di dekat masjid-masjid di masing-masih wilayah tersebut. Agar warga pun mudah dalam mendapatkan akses air bersih,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement