Sabtu 01 Aug 2015 13:07 WIB

Ini Strategi Dompet Dhuafa Respon Kekeringan

dompet dhuafa memberikan bantuan air bersih kepada warga cibarusah, bekasi, jawa barat, jumat (31/7)
Foto: dok. dompet dhuafa
dompet dhuafa memberikan bantuan air bersih kepada warga cibarusah, bekasi, jawa barat, jumat (31/7)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATANG -- Merespon kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di kawasan di Indonesia, Dompet Dhuafa menyiapkan strategi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

“Respon cepat kami adalah dropping air berupa mobil keliling ke daerah di Jabodetabek seperti yang dilakukan di Kecamatan Cibarusah dan sejumlah kota di Pantura,” ujar Direktur Pengembangan Sosial Dompet Dhuafa Nana Mintarti, Sabtu (01/8).

Untuk wilayah yang menjadi penerima manfaat dari penyaluran air ini, masih dalam tahap penyeleksian. Nana menjelaskan, Dompet Dhuafa akan menyasar wilayah Jabodetabek dan beberapa titik di Pantai Utara.

“Selain itu, kemungkinan wilayah lain adalah Serang dan Lebak di Banten. Kemudian beberapa wilayah program pertanian Dompet Dhuafa seperti di Blora, Tuban, dan Ponorogo juga menjadi sasaran,” kata Nana menjelaskan.

 

Menurut Nana, bencana kekeringan kali ini disebabkan faktor alam yakni imbas fenomena el-nino yang telah mencapai level moderat dan juga faktor manusia karena penggunaan lahan yang tidak ramah lingkungan.

Bencana kekeringan ini jelas kian memperparah defisit air bersih. Padahal, saat ini saja di Pulau Jawa hanya memiliki tutupan lahan hutan kurang lebih 10 persen.

“Karenanya penggunaan air bersih secara bijak setiap individu harus dikampanyekan dan disosialisasi. Setiap manusia membutuhkan air untuk pemenuhan pokoknya minimal 20 liter per orang per hari,” jelasnya.

Sejumlah strategi jangka menengah pun turut dirancang Dompet Dhuafa dalam penanganan bencana kekeringan. Strategi tersebut berupa pembuatan tandon atau bak penampungan air berbasis fasilitas publik seperti masjid di wilayah yang mengalami kekeringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement