Senin 15 Jun 2015 16:34 WIB

Ramadhan, Dompet Dhuafa Sasar 16 Ribu Penerima Manfaat Zakat

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Antrean penerima zakat (ilustrasi).
Foto: Antara/Septianda Perdana
Antrean penerima zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa menargetkan setidaknya 16 ribu penerima manfat zakat selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah. Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini mengatakan, jumlah tersebut diharapkan tercapai melalui 48 even yang telah dipersiapkan oleh tim dari lembaganya di seluruh Indonesia.

Ahmad membeberkan berbagai program Ramadhan 1436 Hijriah Dompet Dhuafa meliputi berbagai bidang, yakni Ekonomi, Kesehatan, Relief, Pendidikan, dan Dakwah.  Beberapa ajang yang besar yang akan diadakan Dompwet Dhuafa antara lain Ramadhan Ceria di Perbatasan, Warung Tenda Takjil, dan Bike and Run lovely Environment (BR4VE).

"Program-program tersebut diharapkan dapat melecut semangat untuk lebih peduli terhadap sesama,” Ahmad melalui keterangan tertulis yang diterima ROL, Senin (15/6).

Ahmad kemudian menjelaskan Ramadhan Ceria di Perbatasan merupakan program pemberian parsel lebaran untuk anak-anak atau keluarga yang berada di beberapa daerah perbatasan. Selain pemberian parsel untuk lebaran,ada juga aktivitas hiburan lainnya, seperti Outbond, Pesantren Ceria, Literasi Asik, Istana Kreativitas, dan Safari Ramadhan.

Sementara program, Warung Tenda Takjil adalah salah satu kegiatan Dompet Dhuafa dalam rangka peningkatan taraf ekonomi para mustahik. Caranya tim Dompet Dhuafa membantu mustahik untuk menciptakan produk-produk pangan yang aman dan halal untuk diperjualkan selama bulan Ramadhan

Sedangkan BR4VE adalah kegiatan lari dan bersepeda untuk penggalangan dana dengan aplikasi Phyrunthropy. Dengan aplikasi tersebut, donasi akan didapat dengan ketentuan lari dalam jarak yang ditentukan pada saat penggalangan.

Mengenai penghimpunan donasi selama Ramadhan 1436 H, kata Ahmad, Dompet Dhuafa menargetkan untuk dapat memperoleh dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) sekitar Rp 80 miliar. Ahmad menyebut target ini mereka buat berdasarkan tren jumlah dana ziswaf yang mereka kumpulkan setiap tahun yang cenderung terus meningkat.

"Alhamdulillah dua tahun terakhir, penghimpunan Dompet Dhuafa saat Ramadhan menunjukkan peningkatan. Tahun 2013 penghimpunan Ramadhan Dompet Dhuafa mencapai Rp 52 miliar dan tahun 2014 lalu Rp 64 miliar, tahun ini semoga bisa Rp 80 miliar," ujar Ahmad.

Ahmad menyebut tren peningkatan tersebut menunjukkan indikasi meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berbagi terhadap sesama dengan menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf  saat Ramadhan.

Hal positif lainnya untuk Dompet Dhuafa selaku lembaga penghimpun dana zakat kata Ahmad yang semakin dipercaya untuk mendayagunakan dana ziswaf para donatur lewat program-program pemberdayaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement