Rabu 10 Jun 2015 17:16 WIB

No Mandi, No Cycles

Tenda sementara bagi pengungsi Rohingya di Langsa, Aceh.
Foto: dok APU
Tenda sementara bagi pengungsi Rohingya di Langsa, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGSA -- Posko FORMULA Al Azhar Peduli Ummat bagi para pengungsi Rohingya dan Bangladesh berada Desa Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kota Langsa, Aceh Timur memberi warna tersendiri.

Posko APU melengkapi dari posko-posko kemanusian yang telah ada. APU bersinergi juga dengan relawan lokal juga relawan luar negeri untuk trauma healing. APU membuat Children Zone area di mana anak-anak di pengungsian bisa terhibur. Penyediaan juz'amma, sepeda, alat tulis dan menggambar sangat membantu psikis mereka. Sepeda menjadi primadona, mereka bahkan memiliki slogan No Mandi, No Cycle yang artinya jika mereka tidak mandi maka mereka tidak memiliki kesempatan bermain sepeda.

Di Desa Bayeun udaranya sangat panas, penyediaan kipas angin yang di alokasikan untuk musholla memberi angin segar dan membuat mereka betah berlama-lama di musholla.

Terdapat 409 para pengungsi di posko FORMULA terdiri dari 357 jiwa asal Rohingya dan 52 jiwa asal Bangladesh.

 

Para pengungsi ini di izinkan tinggal selama satu tahun ke depan. APU dalam siaran persnya kepada Republika Online, Rabu (10/6) berharap dalam waktu depkat ada solusi bagi pengungsi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement