Ahad 03 May 2015 14:06 WIB

Ormas Islam Terkendala Dana dalam Menanggapi Bencana

Rep: c94/ Red: Damanhuri Zuhri
Warga saling bahu-membahu mengangkat reruntuhan di gempa Nepal.
Foto: AP Photo/ Niranjan Shrestha
Warga saling bahu-membahu mengangkat reruntuhan di gempa Nepal.

REPUBLIKA. JAKARTA -- Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH dan SDA) Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan organisasi umat Islam terkendala dana dalam meningkatkan dan pemberdayaan tanggap bencana.

"MUI belum ada kordinasi terkait tanggap bencana kepada ormas Islam. Namun telah ada bagian masing-masing berbentuk kedinasan yang mengurusi soal bencana alam," kata Kepala LPLH dan SDA MUI, Hayyu Prabowo kepada Republika, Ahad (3/5).

Hayyu mencontohkan, MUI belum berkordinasi mengenai bencana terkini di Nepal. Kondisi itu, lanjutnya, lantaran kelembagaan Islam yang ada di Indonesia terpentok oleh keterbatasan dana.

Meski demikian, Ia menegaskan MUI telah membahas mengenai tanggap bencana untuk lebih ditingkatkan dan diberdayakan. Misalnya, ketika ada bencana di wilayah Indonesia ormas Islam dinilai cukup aktif. "Sedangkan, jika di luar negeri menjadi kendala tersendiri akibat keterbatasan dana tadi,"ungkapnya.

Hayyu menjelaskan, bencana Internasional akan membutuhkan dana yang cukup banyak. Sehingga ke depan umat Islam diharapkan sudah punya antisipasi, program serta perencanaan tertentu untuk bersinergis menyikapi bencana di dalam maupun luar negeri. "Di luar negeri mereka harus sudah memiliki jaringan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement