Rabu 25 Mar 2015 18:17 WIB

Minim, Pengetahuan Masyarakat Indonesia Soal Wakaf Produktif

Rep: c13/ Red: Damanhuri Zuhri
Mengubah tanah wakaf.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mengubah tanah wakaf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Direktur Jenderal Bimbingan Islam Kementrian Agama, Machasin, mengatakan masyarakat Indonesia masih minim pengetahuannya ihwal wakaf produktif.

Oleh karena itu, Kemenag akan terus berusaha menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat. Menurutnya, selama ini Kemenag sudah menyebarkan informasi soal wakaf produktif ke beberapa tempat dan website.

Menurut dia, permasalahan wakaf terutama wakaf produktif sudah lama digalakakkan Kemenag. Bahkan, dia menegaskan, hal itu sudah dilakukan sebelum dia diangkat menjadi Dirjen Kemenag.

Untuk bisa mengembangkan wakaf produktif di Indonesia, Machasin mengaku telah melakukan pembicaraan kerjasama dengan beberapa kementerian.

 

Menurut dia, pihaknya sudah membicarakan pengembangan wakaf ini dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat.

Machasin menjelaskan, dalam kerjasama tersebut, Kemenag berharap bisa membangun rumah susun yang berada di atas tanah wakaf.

Kemudian, rumah susun tersebut bisa dilengkapi dengan sarana-sarana yang bisa menghasilkan keuntungan secara produktif. Misal, tempat perbelanjaan, tempat internet, ruko dan sebagainya.

Menyinggung belum cairnya anggaran untuk Badan Wakaf Indonesia (BWI), menurut Machasi, anggaran untuk BWI dan lembaga di bawah pemerintah lainnya juga belum dicairkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Anggaran masih belum diloloskan oleh Kementerian Keuangan,” ungkap Machasin kepada Republika, Rabu (25/3).

Dia juga menegaskan, tidak hanya BWI yang belum menerima anggaran dari pemerintah. Semua lembaga kecuali dana gaji memang belum dicairkan oleh Kemenkeu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement