Senin 17 Jun 2013 06:12 WIB

Liburan Sekolah, PKPU Gelar Wisata Yatim dan Dhuafa

PKPU mengadakan acara Wisata Yatim bagi anak yatim dan dhuafa
Foto: istimewa
PKPU mengadakan acara Wisata Yatim bagi anak yatim dan dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU mengadakan acara Wisata Yatim bagi anak yatim dan dhuafa. Kegiatan yang disponsori oleh Human Appeal International (HAI) Uni Emirat Arab ini dimulai sejak Jumat (14/6) hingga Sabtu (15/6).

Acara yang bertema “Menciptakan Generasi Peduli Kesehatan” ini diadakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan berlangsung di Jl. Kampung Codokom Wates RT.01/11 Kopo Cisarua Bogor Jawa Barat.

Para peserta  terdiri dari anak-anak yatim dan dhuafa tingkat SD dan SLTP yang berasal dari daerah yang berbeda-beda di wilayah Jabodetabek. Mereka dikumpulkan dalam satu tempat untuk mengikuti rangkaian program wisata yatim yang telah dipersiapkan oleh PKPU.

Kegiatan yang melibatkan 350 anak yatim dan dhuafa ini, merupakan kegiatan wisata untuk yang kesekian kalinya diadakan PKPU, namun acara wisata yatim dan dhuafa ini merupakan pengalaman pertama bagi para peserta.

Para peserta tidak hanya memperoleh permainan berupa outbond (games, petualangan), tetapi mereka juga mendapatkan edukasi berupa petualangan berbaur dan tinggal bersama warga desa, Wisata alam, Pemeriksaan kesehatan (Gizi, Gigi, dan kesehatan), edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pemberian paket peralatan sekolah (tas, ATK).

Direktur Pendayagunaan PKPU, Rully Barlian, dalam sambutannya pada saat pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada anak yatim dan dhuafa. “Ini merupakan sarana bagi PKPU untuk berbagi kebahagiaan kepada mereka, yang sampai saat ini telah membina sekitar 2000 yatim di seluruh Indonesia dan masih terus meluaskan penerima manfaat dari program yatim ini,” tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Rudini, selaku Koordinator Bidang Yatim PKPU menjelaskan tentang manfaat wisata yatim yang dapat diperoleh bagi para peserta nantinya. Selain berbagai permainan outbound seperti Ice Breaking, Gathering Games, Children Rope dan Nature Education, kegiatan ini juga bertujuan agar anak yatim peserta wisata bisa menjadi pribadi yang mandiri, sehat dan peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungan, serta mempunyai mental yang kuat dan cerdas sehingga bermanfaat bagi mereka dalam menapaki masa depan.

Suka cita dirasakan bagi semua peserta wisata yatim kali ini. Betapa tidak, mereka mendapatkan pengalaman baru, yang membuat mereka bahagia, yang nantinya mereka dapatkan untuk berbagi cerita kepada teman lainnya, selagi mengisi liburan sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement