Senin 11 Feb 2013 11:25 WIB

BAZ Payakumbuh Salurkan Zakat Rp 581 Juta

Rep: antara/ Red: Damanhuri Zuhri
Antrean penerima zakat (ilustrasi).
Foto: Antara/Septianda Perdana
Antrean penerima zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Badan Amil Zakat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyerahkan dana zakat produktif sebesar Rp 581 juta kepada 581 keluarga miskin di daerah itu, masing-masing mendapatkan Rp 1 juta.

Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Payakumbuh Maharnis Zul, Senin (11/2) mengatakan dari Rp 581 juta dana zakat yang dibagikan, untuk Kecamatan Payakumbuh Barat mendapat Rp 170 juta dengan 170 KK miskin, Kecamatan Payakumbuh Selatan Rp 40 juta untuk 40 KK miskin.

Selanjutnya Kecamatan Payakumbuh Timur 107 KK miskin senilai Rp 107 juta, Kecamatan Payakumbuh Utara dan kecamatan Latina dibagikan Rp 127 juta dan Rp 59 juta untuk 127 KK dan 59 KK miskin.

Sementara zakat senilai Rp 78 juta lagi dibagikan untuk masyarakat miskin yang telah mengajukan permohonan bantuan modal usaha ke BAZ Kota Payakumbuh.

Maharnis mengatakan, zakat produktif itu diserahkan agar dapat digunakan sebagai modal usaha bagi penerima dan dikembangkan. "Kita berharap, tahun depan penerima zakat ini tidak lagi menerima zakat tapi mampu pula menjadi pemberi zakat," kata Maharnis.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Suwandel Muchtar di tempat berbeda mengajak seluruh PNS di jajaran Pemkot Payakumbuh untuk menyerahkan zakatnya ke BAZ Payakumbuh.

"Zakat yang diserahkan BAZ pada masyarakat ini sebagian besar berasal dari zakat PNS, karena itu kita berharap seluruh PNS untuk terus menyalurkan zakatnya melalui BAZ," kata dia.

Selain membagikan zakat produktif untuk bantuan modal usaha bagi KK miskin di Kota payakumbuh, BAZ juga membagikan zakat berupa beasiswa kepada 23 pelajar Kota Payakumbuh senilai Rp 23 juta.

Di samping itu pada bulan Juli mendatang BAZ merencanakan akan membagikan zakat yang diperuntukkan bagi pendidikan dan juga di bulan Ramadhan dalam bentuk zakat konsumtif menjelang lebaran. Penyerahan zakat itu sebagian telah dilaksanakan di lima kantor kecamatan di Payakumbuh.

n

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement