Kamis 21 Aug 2014 14:30 WIB

Kuota Jamaah Haji Tersisa 264 orang (2-habis)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri
Sejumlah calon jamaah haji (CHJ) mengikuti manasik haji.
Foto: Antara/Rahmad
Sejumlah calon jamaah haji (CHJ) mengikuti manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID,

Diupayakan agar sisa kuota dapat diisi sesuai dengan urutan nomor porsi.

Hal tersebut diamini Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Timur Saifi. Ia sangat berharap sisa kuota habis pada saat berakhirnya masa pelunasan BPIH pada 22 Agustus 2014.

Di Kalimantan Timur, ungkap dia, tersisa kuota sebanyak 12 orang dan saat ini dalam proses pengisian untuk jamaah urutan selanjutnya. "Sudah kita sosialisasikan kepada yang 12 orang itu agar bersiap-siap," katanya.

 

Ia mengatakan, calhaj dari embarkasi Balikpapan akan masuk asrama haji pada 3 Agustus dan berangkat ke Tanah Suci keesokan harinya. Calhaj embarkasi Balikpapan berjumlah 4.289 orang, terdiri atas calhaj asal Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Utara.

Sementara, proses penyelesaian pembuatan dokumen haji, seperti paspor dan visa haji, kini sudah mendekati 99 persen. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori seperti dilansir laman resmi Kemenag, Selasa (19/8).

Ahda berharap, paspor yang sudah selesai diproses pihak Imigrasi tersebut segera dikirim ke Ditjen PHU Kemenag. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat proses pembuatan visa haji.  Hingga saat ini, Ditjen PHU sudah mengajukan pembuatan visa sebanyak 135.411 orang dan semua sudah selesai.

"Saya mengapresiasi pihak Kedutaan Besar Arab Saudi karena dalam sehari mampu menyelesaikan pembuatan visa 10.400 orang. Sebelumnya, maksimal 6.000," kata Ahda.      

Ia mengatakan, setelah seluruh calhaj melunasi BPIH, proses pembuatan visa segera dilakukan dan diharapkan selesai secepatnya. ''Dalam beberapa hari terakhir, tim pembuatan dokumen haji memang kerja all out.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement