Rabu 11 Jun 2014 05:25 WIB

Pelunasan BPIH Mulai Hari Ini

Rep: c62/ Red: Damanhuri Zuhri
Calon jamaah haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon jamaah haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Esthi Maharani

Calhaj diminta segera melunasi BPIH di bank penerima setoran.

JAKARTA – Calon jamaah haji (calhaj) di seluruh Indonesia mulai melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH)

pada Rabu (11/6) ini. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil mengatakan semua telah dipersiapkan.

Kemenag Pusat sudah memberitahukan kepada seluruh kanwil di 33 provinsi mengenai pelunasan BPIH ini. ‘’Termasuk di dalamnya mengenai bank penerima setoran serta teknis pelunasan bagi calhaj,’’ kata Djamil, Selasa (10/6).

Ada sebanyak 17 bank penerima setoran yang dapat digunakan calhaj guna menyetorkan uang pelunasan. Tahap awal 11 Juni hingga 9 Juli. Tahap kedua 14-17 Juli dan tahapan berikutnya adalah 21-24 Juli 2014.

Ia menyatakan, Kemenag memang harus bergerak cepat. Seiring dengan penetapan masa pelunasan, juga persiapan lain harus terus berlangsung. Di antaranya paspor dan visa.

Dalam praktiknya, kata Djamil, Kemenag Pusat akan memantau pelaksanaan pelunasan serentak di seluruh Indonesia. ‘’Kami akan intens berkomunikasi dengan wilayah dan berharap semua berjalan lancar,’’ ujarnya.

Seluruh calhaj, diminta untuk segera melunas setoran BPIH. Dengan demikian, mereka tinggal mempersiapkan hal lain untuk keberangkatan ke Tanah Suci. Ia yakin calhaj yang telah terdaftar tahun ini akan membayar BPIH mereka.

Kasi Penyelenggara Haji Kantor Kemenag Kota Ambon, Maluku Husen Sahiri mengatakan BPIH calhaj asal Maluku sebesar 3.496,9

dolar AS atau sekitar Rp 34 juta. Meski demikian, jumlah itu akan berubah tergantung nilai dolar saat pelunasan.

Ia menekankan, calhaj harus memperhatikan tahap pelunasan BPIH agar tak terlewat. Mereka pun sebaiknya memahami besaran BPIH yang harus dibayarkan sebab jumlahnya selalu dipengaruhi nilai dolar AS saat pembayaran.

‘’Kami doakan mudah-mudahan kurs dolar AS terhadap Rupiah pada saat pembayaran tak tinggi sehingga tak memberatkan calhaj,’’ kata Husen seperti dikutip kantor berita Antara. Ia menambahkan, sampai saat ini belum ada pembagian kelompok terbang (kloter).

Terkait penyelenggaraan haji, Menag Lukman Hakim Saifuddin Selasa mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia meminta rekomendasi dalam penyelenggaraan haji dan tugas pokok serta fungsi Kemenag.

Selain itu, pada 30 Mei 2014 lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI). Komisi ini bertanggung jawab kepada presiden.

KPHI bertugas mengawasi memantau penyelenggaraan ibadah haji. Mereka juga menyampaikan pertimbangan penyempurnaan penyelenggaraan haji. Komisi ini dipimpin seorang ketua dan seorang wakil ketua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement