Jumat 15 Mar 2013 11:22 WIB

Daftar Tunggu Haji Sumatra Selatan Sampai 2023

Jamaah haji di Kota Makkah.
Foto: ROL/Heri Ruslan
Jamaah haji di Kota Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Daftar tunggu calon jamaah haji Sumatra Selatan kini lebih dari 62 ribu orang, sehingga pemberangkatannya baru akan rampung 10 tahun mendatang atau tahun 2023.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Syaifudin Latief kepada wartawan di Palembang, Jumat, membenarkan daftar tunggu calon haji Sumsel cukup banyak dan pemberangkatannya setiap tahun sangat terbatas.

Banyaknya masyarakat untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut berarti perekonomian masyarakat Sumsel cukup membaik, kata dia.

Selain itu, jatah pemberangkatan untuk calon jamaah haji Sumsel setiap tahun terbatas sehingga pemberangkatan tidak maksimal.

Rata-rata setiap tahun Sumsel mendapat jatah pemberangkatan calon haji 6.500 orang sehingga pemberangkatan tidak maksimal.

Memang, upaya yang dilakukan agar pemberangkatan terus bertambah pihaknya rutin mengusulkan kepada Kementerian Agama.

Selain itu, dalam upaya membantu calon haji usia tua, pihaknya sekarang ini akan memprioritaskan jamaah yang usianya di atas 83 tahun menjadi prioritas untuk berangkat.

Mereka langsung berangkat dan tidak menjadi daftar tunggu lagi, kata dia.

Untuk 2013 ada 161 orang calon jamaah haji yang usianya di atas 83 tahun dan mereka akan diberangkatkan bersama calon lainnya.

Dengan upaya tersebut, salah satu untuk mencari jalan keluar agar calon jamaah haji yang sudah tua berkurang, tambah dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement