Selasa 02 Oct 2012 00:45 WIB

Usai Tunaikan Umrah, Jamaah Haji Asal Solo Wafat

Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah
Foto: Heri Ruslan/Republika
Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Heri Ruslan/ Laporan dari Makkah

MAKKAH -- Yusupadi bin Marjo Suwito (62 th), jamaah haji kloter 3 asal embarkasi Solo Kloter tutup usia seusai menunaikan umrah, Senin (1/10) pukul 14.00 waktu Arab Saudi.

''Meninggal dunia akibat terkena serangan penyakit jantung,'' ujar dr Imam Wahudi SpAN, dokter Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) daerah kerja Makkah.

Menurut Imam, jamaah yang tinggal di sektor IX wilayah Misfalah itu mengalami sesak nafas saat tiba di pemondokannya. Jamaah haji itu langsung mendapat pertolongan darurat dilarikan ke BPHI.

''Setelah kita periksa, gula darahnya rendah, tensinya rendah dan denyut jantungnya berhenti,'' tutur dr Imam. Kemungkinan, kata dia, jamaah ini belum makan dan kecapean setelah mengerjakan umrah.

Ini adalah jamaah haji Indonesia pertama yang meninggal di BPHI Makkah.

Hingga 1 Oktober 2012, jumlah jamaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi mencapai tujuh orang. 

Lima jamaah itu wafat saat berada di Madinah dan satu meninggal dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah. Berikut jamaah yang meninggal di Tanah Suci:

1. Siti Rahmatia binti Yasin (67) dari embarkasi Ujungpandang, wafat di Rumah Sakit Arab Saudi karena mengalami gangguan sistem sirkulasi.

2.Sumardi SM (55) dari embarkasi Solo wafat saat shalat di Masjid Nabawi akibat gangguan sistem sirkulasi. Jamaah ketiga

3. Indriano bin Khairunas  (49) dari embarkasi Padang wafat di Masjid Nabawi akibat gangguan system sirkulasi.

 

4. Juju bt Lili Adinata (54) dari embarkasi Jakarta wafat di pemondokan di Madinah juga akibat mengalami gangguan sistem sirkulasi.

5. Endang Rusmiyatun bt Rusmin (50) dari embarkasi Solo wafat di Madinah akibat sistem sirkulasi.

6. Saodah Muawanah bt Katiran (58) dari embarkasi Surabaya wafat dalam perjalanan di Madinah akibat mengalami ganguan sistem sirkulasi.

7. Yusupadi bin Marjo Suwito (62 th), jamaah haji kloter 3 asal embarkasi Solo tutup usia akibat serangan jantung di Makkah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement