Jumat 28 Sep 2012 22:33 WIB

300 Tenaga Musiman Dikerahkan untuk Layani Jamaah Haji

Petugas Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah sedang menggelar apel
Foto: Heri Ruslan/Republika
Petugas Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah sedang menggelar apel

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Heri Ruslan/ Laporan dari Makkah

MAKKAH -- Pemerintah merekrut sebanyak 300 tenaga musiman (temus) untuk membantu penyelenggaraan ibadah haji 2012. Para temus itu ditempatkan di tiga daerah kerja, yakni Makkah, Madinah, dan Jeddah.

Tenaga musiman itu salah satunya berasal dari mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di wilayah Timur Tengah dan Maghribi.

''Tahun ini ada 300 temus yang telah kita seleksi secara ketat. Nanti mereka akan melayani dan membantu jamaah haji kita,'' ujar Kepala Daerah Kerja Makkah, Arsyad Hidayat, Jumat (28/9.

Fahrul Anam, salah seorang Temus Haji 2012, mengungkapkan, menjadi Temus memang tidak gampang. ''Harus melalui proses seleksi yang ketat,'' ujarnya.

Menurut Mahasiswa S-2 pada International University of Africa itu, para temus harus mengikuti seleksi kesehatan, pendidikan, dan keahlian dalam berbahasa Arab pun menjadi persyaratan mutlak.

Ia mengaku sudah dua kali menjadi tenaga musiman. Pertama kali ia membantu jamaah haji pada 2009. Musim Haji 1433 H/ 2012 ini,Fahrul bertugas di Sektor VI Daerah Kerja Makkah.

''Saya sangat senang bisa membantu jamaah haji menunaikan rukun Islam kelima,'' ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement