Sabtu 19 Nov 2011 15:25 WIB

Jamaah Nonkuota Bikin Repot Petugas, Ada yang Meninggal, Jenazah Sempat Terlantar

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Mustofa (11) bersama Maskur bapaknya asal Madura, Jatim, menjadi jamaah haji non kuota ketika berada di Daker Mekkah
Foto: Antara
Mustofa (11) bersama Maskur bapaknya asal Madura, Jatim, menjadi jamaah haji non kuota ketika berada di Daker Mekkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Keberadaan jamaah haji non kuota yang diperkirakan mencapai 5.000 jamaah memang mengganggu kerja para petugas pelayanan haji. Mereka kerapkali meminta bantuan petugas dengan mengaku sebagai jamaah haji khusus.

‘’Penyelenggaran haji tahun ini –termasuk penangangan haji khusus (ONH) plus berjalan lebih baik. Namun, pada satu sisi kami mengakui masih adanya gangguan yang berupa jemaah nonkuota karena selalu menyebut sebagai haji khusus. Keberadaan  mereka selalu meropetkan selama di Tanah Suci,” kata Kabid Pengendalian dan Pengawasan  Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK) Arab Saudi Ahda Barori, Sabtu   (19/11).

Yang kadang menimbulkan keprihatinan, imbuhnya, para jemaah yang menjadi korban karena harus membayar sampai ratusan juta sehingga melampaui biaya yang telah ditetapkan PIHK resmi. Selain itu, lanjutnya, jemaah nonkuota saat tiba di Tanah Suci juga selalu dimintai uang lagi.

‘’Jumlahnya uang yang diminta sesampainya di tanah suci  juga cukup lumayan, sedang fasilitas yang diterimanya tidak sesuai yang dijanjikan. Untuk itu, kepada masyarakat di Tanah Air  berhati-hatilah dalam memilih penyelenggara ibadah haji,’’ katanya.

 

Ia mencontohkan, setelah sampai di tanah suci kebanyakan jamaah haji non kuota ditelantarkan para pengurus travelnya. Kondisi ini akan sangat memprihatinkan bila kemudian jamaah mereka ini tersesat, sakit, atau meninggal dunia.

’Kebanyakan tak ada yang mengurus. Kalau yang tersesat dibiarkan. Kalau yang meninggal sampai berhari-hari tidak ada yang mengurus jenazahnya. Nah, kalau tersesat mereka merepotkan petugas resmi karena sudah dikenali tempat tinggalnya,’’ katanya.

Salah satu contoh tragis dari jamaah non kuota itu menimpa Abdul Khair Muthalib, yang berangkat dari Samarinda, Kalimantan Timur. Ketika jamaah sakit tak ada satu pun pengurus travelnya yang datang membantunya. Bahkan, sampai beberapa hari setelah meninggal, jenazahnya sempat terlantar di Balai Pengobatan Haji Indonesia Makkah.

Para pengurus travel yang memberangkatkan dia, baru tahu setelah pihak Daker Makkah mengumumkan adanya jamaah Indonesia tanpa identitas melalui berbagai pamflet yang disebar di berbagai wilayah pondokan jamaah haji Indonesia. Saat itu baru para pengurusnya yang berasal dari Travel Al Arsyad Tour & Travel tahu akan keberadaan jamaahnya itu.

‘’Itu pun setelah kami panggil ke Daker. Rupanya ini juga orang yang pada tahun lalu sudah pernah kami panggil karena kasus jamaah haji non kuota juga,’’ kata Zainal Abidin, Staf PIHK Daker Makkah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement