Kamis 06 Oct 2011 12:51 WIB

Alami Keguguran Seorang Jamaah Dirujuk ke RS Bersalin

Rep: m subarkah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Seorang calon jamaah haji  Indonesia mengalami keguguran kandungan (abortus imminens) di Madinah. Sekarang jamaah tersebut dirujuk ke RS Bersalin Wiladah.

Menurut data Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, jamaah bernama  Nola Ismaya itu tiba di BPHI pukul 09.30 WAS, Rabu (5/10/2011). Dia mengalami keluar darah dan mules hebat. Pada pukul 10.30 WAS, jamaah dari kloter 1 JKS itu dirujuk ke RS Bersalin Wiladah.

BPHI saat ini juga masih merawatt Zaininah (52), yang mendapat serangan stroke ketika hendak terbang ke Saudi. Begitu tiba di Bandara Madinah hari Ahad (2/10) lalu. Warga Jambi itu langsung dikirim BPHI.

"Tangan dan kaki kiri tidak bisa gerak, rasanya berat," katanya terbata, saat dijumpai di ruang perawatannya, Rabu pukul 20.00 WAS atau 24.00 WIB. Dia gerak-gerakkan tangan kirinya yang lunglai dengan tangan kanannya.

Dia menceritakan, sebelum kena serangan stroke, dia mandi malam sekitar pukul 2 dinihari. Dia mandi untuk persiapan masuk asrama haji di embarkasi haji. Kondisinya saat itu juga tengah lelah.

Namun syukurlah semangat Zaininah untuk sembuh sangat tinggi sehingga diharapkan segera pulih. Pasien lainnya yang dirawat rata-rata telah berusia uzur. Mereka memiliki riwayat hipertensi dan diabetes. Selain itu juga dehidrasi karena kurang asupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement