Sabtu 17 Sep 2011 19:24 WIB

Tak Lunasi ONH, 21 Calhaj Cianjur Urung Berangkat

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR--Sediktinya 21 orang calon jemaah haji asal Cianjur, Jawa Barat, batal berangkat ke tanah suci karena tidak bisa melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) sampai tengang waktu yang telah ditentukan.

Kepala Seksi Urusan haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Cianjur, Hipni, Sabtu, membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan, seharusnya puluhan calon jemaah itu, harus membayar ONH sebesar USD 3.589 atau sekitar Rp 30 juta. Namun karena tidak melunasi sampai batas waktu, maka ditunda keberangkatanya.

Calon jemaah haji asal Cianjur, yang berangkat seharunya sebanyak 1300 orang. Namun 21 orang diantaranya belum melunasi ONH, sehingga kuotanya berkurang, dan kuota haji dikembalikan lagi ke pusat atau menjadi kuota nasional, katanya.

Sedangkan alasan para calon jemaah yang belum melunasi ONH tersebut, beragam kata dia, diantaranya karena calhaj yang bersangkutan meninggal dunia, sakit dan ditangguhkan keberangkatannya.

Namun, mayoritas calhaj yang tidak jadi berangkat ke tanah suci tahun ini, karena ada hal yang penting. Jadi menangguhkan untuk berangkat haji sekarang, ujarnya. Sementara itu, para calhaj yang sudah menempuh berbagai persyaratan administrasi, dipastikan akan berangkat sekitar bulan Oktober 2011, bagi kelompok terbang (kloter) pertama asal Cianjur.

Pihaknya meyakini, dari aspek tata cara ibadha haji, para calhaj dari Cianjur, sudah siap, karena sebelumnya telah mengikuti simulasi atau manasik haji. Para calhaj tersebut, sambung dia, telah menempuh tes kesehatan secara keseluruhan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement