Sabtu 28 May 2011 19:17 WIB

Menag Jamin Pelayanan Haji 2011 Lebih Baik, Apa Indikasinya?

Menag Suryadharma Ali
Menag Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Menteri Agama Suryadharma Ali menjamin pelayanan ibadah haji tahun 2011 akan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia mengatakan, indikator mengenai baiknya  pelayanan ibadah haji tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya, yakni bertambahnya jumlah jemaah calon haji asal Indonesia yang berada pada ring satu yakni menjadi 80 persen pada 2011.

Sedangkan pada tahun 2009 jumlah pemondokan jemaah haji Indonesia yang berada di ring satu sebanyak 27 persen dan pada 2010 sebanyak 63 persen dengan jarak maksimal empat ribu meter dari pusat penyelenggaraan ibadah haji ke pemondokan.

"Tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 80 persen dengan jarak maksimal pemondokan 2.500 meter, itupun menggunakan kendaraan untuk pulang perginya," kata Menag.

Ia berharap selain pelayanan ibadah haji tahun ini lebih baik, ongkosnya juga  diharapkan bisa lebih murah atau minimal sama dengan tahun 2010. Namun demikian belum ada keputusan mengenai biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Ongkos haji itu biasanya tergantung fluktuasi harga bahan bakar, karena pengaruhnya ke harga tiket pesawat. Jika harga tiket pesawat naik maka BPIH bisa naik, mudah-mudahan tidak naik," ," kata Menag Suryadharma Ali usai menjadi pembicara "Seminar Nasional Memperingati 100 Tahun Mr Sjafrudin Prawiranegara" di Serang, Sabtu.

Menurutnya, pemerintah Indonesia juga sudah mengajukan tambahan kuota haji untuk tahun 2011 menjadi 238 ribu dari tahun 2010 yang hanya 2011 ribu orang. Namun demikian, belum ada kepastian disetujui atau tidaknya usulan penambahan kuota haji untuk Indonesia tersebut oleh pemerintah Arab Saudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement