Jumat 29 Oct 2010 22:11 WIB

Jamaah Non-Kuota Mulai Datang

Rep: Priyantono Oemar/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Menjelang puncak haji, kedatangan jemaah haji non kuota mulai terlihat dengan ditandai kedatangan Karsa Bin Lakiman (71), yang mengaku berasal dari Banten. Karsa diantar ke Daerah Kerja (Daker) Mekah oleh petugas dan ketika ditanya petugas mengaku bertolak ke tanah suci melalui jasa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Marifat.

Ia tampak kebingungan menjawab pertanyaan sejumlah petugas. Sesekali ia menjawab pendek dengan bahasa sunda, tentang kenapa ia bisa sampai berada di Daker.

Ia pun tak pandai berbahasa Indonesia. Jawabannya juga membingungkan. Ia sempat mengatakan ditahan selama empat hari di Jedah. Namun keterangan dari pihak Yayasan Marifat, rombongan mereka baru tiba beberapa jam yang lalu di Arab Saudi.

Untuk memperoleh jawaban memuaskan tentang bagaimana sebenarnya yang terjadi pada diri Karsa juga sulit diperoleh dari Mulyati, yang mengaku dari pihak yayasan Marifat untuk menjemput bapak tua itu. Namun belakangan jawabannya, berubah, dan hanya mengatakan, ia cuma dititipkan saja oleh KBIH Yayasan Marifat.

Karsa berangkat ke tanah suci melalui jalur Non Kuota dengan biaya Rp 55 juta.Tetapi sesampainya di Jedah, ia terpisah dan kemudian dititipkan ke mobil rombongan UPG 22 Gorontalo, kata petugas Pengamanan sector 2 Muhammad Alkis.

Ketua Yayasan Marifat, Kholilah mengatakan, akan menjemput Karsa untuk umroh menyusul rombongannya .Ketika ditanya, apakah KBIH boleh mengorganisir perjalanan ibadah haji, Kholilah mengakui sebenarnya tidak diperbolehkan.

KBIH Marifat baru kali pertama memberangkatkan jamaah menjalankan ibadah haji ke tanah suci, membawa 97 jamaah, dan menempati pemondokan di Rehab Alazhar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement