Sabtu 17 Jul 2010 03:15 WIB

Menag : Pelaksanaan Ibadah Haji Itu Nirlaba

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Budi Raharjo
Jamaah haji di Muzdalifah
Foto: Republika
Jamaah haji di Muzdalifah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Agama, Suryadharma Ali, menegaskan perlu adanya persamaan persepesi bahwa pelaksanaan ibadah haji itu adalah nirlaba. Dia mencontohkan, dari total dana optimalisasi haji sebesar Rp 1,17 triliun yang dipergunakan sekitar Rp 965 miliar maka sisa dana tersebut bukan keuntungan Menteri Agama maupun jajarannya.

''Saldo akan digunakan untuk kepentingan tahun berikutnya,'' jelasnya usai menghadiri rapat konsultasi dengan pimpinan DPR di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/7).

Suryadharma menambahkan, sekalipun tahun ini ada kenaikan harga tetapi tidak menyebabkan total biaya haji yang harus ditanggung jamaah naik. Kenaikan harga tersebut dikarenakan beberapa hal yaitu karena terjadi pembongkaran gedung-gedung di sekitar Masjidil Haram sehingga konsekuensinya pemondokan lebih jauh.

Dia mengatakan, terjadi perubahan peraturan dari pemerintah Saudi untuk pemondokan jamaah dari semula 3,5 meter per kepala menjadi 4 meter per kepala. Di samping itu juga, kompetisi antarnegara mendapatkan pemondokan terdekat dengan Masjidil Haram sangat ketat sehingga harga pemondokan pun melonjak.

Lebih lanjut Suryadharma meminta agar biaya pemondokan di Makkah yang diajukan Kemenag tidak turun karena total keseluruhan biaya haji sudah turun sementara minimal 36 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement