Selasa 17 Apr 2018 16:28 WIB

Rumah Zakat Gelar Kampus Relawan

Manajemen perjalanan sangat penting untuk dipahami oleh seorang relawan.

Logo baru Rumah Zakat.
Foto: RZ
Logo baru Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Relawan Rumah Zakat Jakarta Barat menggelar kegiatan Kampus Relawan di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat. Ini guna  meningkatkan pengetahuan dasar seputar kegiatan kerelawanan kepada para relawan baru. Pada kegiatan ini disampaikan beberapa materi terkait upaya untuk meningkatkan kapasitas sebagai seorang relawan. Terutama dalam hal persiapan fisik dan ketahanan mental. Kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa sesi diantaranya navigasi darat, pemeriksaan kesehatan dasar, pengetahuan dasar soal mountainering, manajemen perjalanan, dan survival.

“Manajemen perjalanan sangat penting untuk dipahami oleh seorang relawan. Sebelum melakukan perjalanan, seorang relawan harus memiliki pengetahuan barang-barang apa saja yang wajib dibawah, kondisi medan dan cuaca, timing dan paling penting kemampuan menggunakan alat-alat navigasi,” ujar Kak Agung salah satu pemateri dari alumni PALEM UHAMKA dalam siaran pers Rumah Zakat.

Sesi yang tidak kalah penting dalam kegiatan itu adalah sesi Survival. Seorang relawan tidak hanya dituntut untuk mempunyai kemauan guna membantu orang lain. Tetapi juga kemampuan untuk tetap bertahan dalam situasi apapun. Sehingga tetap bisa menjalankan misi kemanusiannya. Relawan dicoba untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari pada sesi sebelumnya, seperti melakukan packing dan membangun bivak sederhana.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pemula, karena dengan manajemen perjalanan yang baik Insha Allah dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi. Bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kita sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Prinsipnya saat dilapangan kita dituntut untuk bekerja dan bertahan secara tim, tidak mempentingkan diri sendiri. Ibaratnya berangkat sepuluh yang pulang sepuluh”, pesan dari Kak Wahyudi yang juga mempunyai pengalaman pendakian sejak lama.

Menjadi relawan adalah bukan soal kemauan untuk memberikan bantuan untuk orang lain saja. Menjadi relawan termasuk juga kemampuan bekerja sama secara tim, bagaimana bertahan dalam kondisi apapun dan mempertahankan mental yang baik untuk tetap menjalankan misi kemanusiaan. Oleh karena itu penting sekali kegiatan-kegiatan yang harus dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas seorang relawan. Kegiatan Kampus Relawan ini diharapkan dapat menjadi bekal yang baik bagi pada relawan baru. Pandangan kedepan mengenai kegiatan kerelawanan dan cara untuk melatih kesiapan fisik dan mental.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement