Kamis 15 Mar 2018 17:15 WIB

Rumah Zakat Gelar Deteksi Dini Kanker

Hanya dalam waktu tujuh sampai sepuluh menit, dirinya sudah bisa mengetahui hasilnya.

 Rumah Zakat Gelar Deteksi Dini Kanker
Rumah Zakat Gelar Deteksi Dini Kanker

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kanker merupakan penyakit tidak menular yang mematikan menyerang manusia.  Kanker Leher Rahim (Serviks) merupakan keganasan yang terjadi pada bagian terendah dari leher rahim. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit tertinggi di Indonesia mencapai 5.349 orang. selain itu, jumlah pengidap kanker payudara menempati posisi nomor dua terbanyak di dunia dengan risiko yang fatal.

Untuk melakukan deteksi dini Kanker payudara dan kanker Serviks, Klinik Pratama RBG Rumah Zakat Jakarta menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara gratis untuk ibu - ibu binaan Rumah Zakat dari kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Puluhan ibu - ibu melakukan tes dengan dengan metode IVA dan SADANIS yang dibantu oleh dua bidan Klinik Pratama RBG Rumah Zakat. Wajah-wajah cemas tampak pada raut muka ibu-ibu yang akan melakukan tes. Mereka khawatir ada yang tidak beres terhadap organ vitalnya.

Seperti pengakuan Yulita (35 tahun) salah satu peserta mengaku lega karena mengetahui hasil skriningnya baik. "Alhamdulillah, lega rasanya setelah diperiksa." ujar Yulita dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Kamis (15/3).

Yulita juga menyatakan hanya dalam waktu tujuh sampai sepuluh menit, dirinya sudah bisa mengetahui hasilnya yang disampaikan langsung oleh bidan. "Kegiatan ini harus berkelanjutan agar kebermanfaatanya lebih bisa dirasakan semua warga, utamanya warga Pejaten Timur,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement