Jumat 09 Mar 2018 10:31 WIB

Rumah Zakat Lahirkan Care Giver Lansia

Peserta care giver yang sebagian besar adalah ibu – ibu rumah tangga.

 Rumah Zakat Lahirkan Care Giver Lansia
Rumah Zakat Lahirkan Care Giver Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Bertempat di pendopo Pedukuhan Karet, Desa Pleret, Kabupaten Bantul, 18 peserta resmi di wisuda menjadi Care Giver atau perawat para lansia. Para peserta tersebut berasal dari Dusun Karet Pleret, Dusun Sorowajan Panggungharjo, Dusun Rendengkulon Timbulharjo, dan Dusun Keparakan Lor Mergangsan yang merupakan Kampung Ramah Lansia yang dibina Rumah Zakat.

Selama 1 tahun 6 bulan, peserta care giver yang sebagian besar adalah ibu – ibu rumah tangga mendapatkan pelatihan dan materi – materi setiap bulan. Materi pun di berikan oleh ahli – ahli ilmu Geriatri yang merupakan ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lanjut usia dengan fokus pada penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut.  “Wisuda care giver ini berjalan lancar, ibu – ibu ini antusias sekali", Ujar Afreza Health Care Program Rumah Zakat Yogyakarta dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (9/3).

Dwi Endah MPH, pengiat Lansia Rumah Zakat juga memberikan materi pembekalan kepada peserta mengenai 8 tips dalam merawat lansia secara menyenangkan. Diskusi pun berlangsung serius dan menyenangkan karena langsung diberikan contoh – contoh dalam merawat lansia. “Saya senang sekali bisa merasakan wisuda, kalau suami saya masih hidup mungkin dia bisa menyaksikan betapa bahagia nya saya” ungkap bu Aniyah, salah satu peserta care giver dengan mata berbinar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement