Rabu 17 Jan 2018 15:01 WIB

Atasi Sampah, RZ Optimalkan Bank Sampah

 Atasi Sampah, RZ Optimalkan Bank Sampah
Atasi Sampah, RZ Optimalkan Bank Sampah

REPUBLIKA.CO.ID,TEGAL--Banjaranyar adalah desa padat penduduk yang terletak di Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Sekira 8.086 jiwa memadati desa yang terdiri dari lima RW ini. Penduduk yang banyak, ditambah belum adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, memunculkan masalah baru yaitu sampah yang volumenya terus bertambah tanpa bisa dikendalikan.

Melihat realitas yang ada, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya untuk Banjaranyar bersama masyarakat  terus melakukan optimalisasi peran bank sampah dalam rangka mengatasi masalah sampah yang volumenya semakin sulit untuk dikendalikan.

''Saat ini kami terus melakukan sosialisasi program bank sampah ke masyarakat. Pertama, untuk memperkenalkan apa itu bank sampah. Kedua, menyampaikan program bank sampah. Dan ketiga, mengajak masyarakat untuk memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis untuk kemudian ditabung di bank sampah,'' papar Fasilitator Desa Berdaya, Miska dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (17/1).

Dari upaya yang dilakukan Miska, hasilnya kini terlihat masyarakat semakin giat untuk menabung sampah. ''Alhamdulillah masyarakat semakn giat untuk menabung. Bahkan di sini, kader penggerak tidak tinggal diam menunggu masyarakat menabung, namun kami juga jemput bola,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement