Senin 20 Nov 2017 18:14 WIB

Relawan RZ Bantu Korban Banjir di Bandung dan Cimahi

Rep: mg02/ Red: Hiru Muhammad
Relawan Rumah Zakat bantu korban bencana banjir di Bandung dan Cimahi.
Foto: dok. Rumah Zakat
Relawan Rumah Zakat bantu korban bencana banjir di Bandung dan Cimahi.

REPUBLIKA.CO.ID BANDUNG -- Relawan Rumah Zakat (RZ) menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir di Bandung dan Cimahi, Jawa Barat. Bantuan tersebut berupa 87 paket sembako, 20 lusin diapers, dan 100 paket makanan ringan untuk anak-anak.  

Selain bantuan berupa kebutuhan pokok, relawan RZ dalam keterangan tertulisnya Senin (20/11) juga mengajak anak-anak bermain di posko pengungsian. Hal tersebut dilakukan untuk menghibur anak-anak dan sebagai salah satu upaya untuk memberikan ketenangan pasca banjir yang dialami anak-anak.

"Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada donatur Rumah Zakat dan relawan atas bantuannya. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Allah membalas semua kebaikan yang sudah dilakukan," ujar Heni (65 th), salah satu korban banjir. 

Pada awal bulan ini, hujan deras mengguyur wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dalam beberapa hari, membuat aliran sungai Cikapundung, Sungai Cisangkuy dan Sungai Citarum meluap. Akibatnya, tiga kecamatan yaitu Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot terendam banjir. 

Bencana banjir tersebut mengakibatkan sebanyak 323 KK atau 1069 jiwa terkena dampak, diantaranya adalah 134 lansia, 122 balita, 4 ibu hamil, 19 ibu menyusui, dan 86 anak-anak. Selain itu, banjir tersebut juga merusak 5.806 rumah, 13 gedung sekolah, 8 gedung fasilitas umum, dan 24 gedung tempat ibadah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement