Kamis , 09 November 2017, 10:47 WIB

Rumah Zakat-MTN Bentuk Kelompok Tani

Red: Rahmat Santosa Basarah
 Rumah Zakat-MTN Bentuk Kelompok Tani Mukti Makmur
Rumah Zakat-MTN Bentuk Kelompok Tani Mukti Makmur

REPUBLIKA.CO.ID, GROBOGAN--Rumah Zakat bekerjasama dengan Yayasan Masyarakat Nusantara (MTN) membentuk program Kelompok Tani Mukti Makmur yang berada di Desa Berdaya Sendangharjo, Karangrayung, Grobogan.  Jumadi selaku fasilitator Rumah Zakat Sendangharjo mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu terobosan baru untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui perkebunan sayur.  Menurutnya, selama ini masyarakat hanya bertani tanaman palawija, ketika hasil panen tiba harga jual dari tengkulak menjadi menurun.  Melihat permasalahan tersebut, Jumadi mengajak masyarakat untuk bertani sayur agar lebih menguntungkan dengan memanfaatkan potensi yang ada.

''Program ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat para anggota kelompok tani agar bersungguh-sungguh dalam mengelola peluang yang ada saat ini.  Selain itu, program ini dapat menjadikan langkah awal yang baik untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan sistem estafet, di mana hasil penjualan akan disisihkan, sehingga diperiode berikutnya dapat menambah jumlah penerima manfaat lagi,'' papar Jumadi dalam siaran pers yang diterima Republika belum lama ini.

Program Kelompok Tani Mukti Makmur ini dimulai dengan pengadaan ribuan benih cabai yang siap disemai. Selanjutnya para petani menyiapkan lahan untuk ditanami bibit di lahan masing-masing. ''Kami sangat bersyukur, Rumah Zakat dan MTN bersedia membantu kami untuk membentuk kelompok ini melalui mas Jumadi selaku fasilitator Rumah Zakat. Semoga ini menjadi ladang pahala dan sekaligus dapat mensejahterakan rakyat kecil seperti kami,'' ucap Jasmo, salah satu anggota kelompok tani.