Jumat , 03 November 2017, 03:19 WIB

Merintis Wirausaha Kreatif di Desa Berdaya Simbangdesa

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat
Program KUB Sejahtera Jaya yang digulirkan di Desa Berdaya Simbangdesa oleh Rumah Zakat.
Program KUB Sejahtera Jaya yang digulirkan di Desa Berdaya Simbangdesa oleh Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BATANG -- Program pemberdayaan terus digulirkan oleh Rumah Zakat, salah satunya program KUB Sejahtera Jaya yang digulirkan di Desa Berdaya Simbangdesa, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dengan tujuan mencetak wirausaha kreatif kelompok usaha ini nantinya akan fokus untuk menciptakan produk-produk lokal yang kreatif. Hal ini pun mendapatkan respons positif dari Kepala Desa Simbangdesa.

"Saya sudah lama menanti kelompok usaha yang bisa menggerakkan usaha kreatif produk lokal," ujar Kepala Desa Simbangdesa.

Pertemuan perdana KUB Sejahtera Jaya pun digelar, pada Ahad (29/10) lalu. Pertemuan perdana tersebut dihadiri oleh empat orang pelaku usaha masing-masing perwakilan dari dusun.  

"Perwakilan dari masing-masing dusun tersebut nantinya akan menjadi penggerak wirausaha kreatif untuk dusunnya masing-masing, banyak potensi desa pemuda yang bisa dilibatkan untuk lebih produktif dan kreatif agar menambah pendapatan keluarga dengan program ini," ujar Fasilitator Desa Berdaya, Bachtiyar.
 
Selain itu, KUB ini juga menjadi sarana diskusi persiapan ekspo Produk Khas Lokal yang di Selenggarakan Pemerintah Kabupaten Batang bulan ini dan ekspo produk Desember nanti.

"Dengan adanya kolaborasi dan dorongan dari Rumah Zakat kreatifitas kami tersalurkan, yang semula hanya usaha las teralis dan stainless kanopi, kini kami mendapatkan alternatif ide yang kreatif dan langka dengan memanfaatkan skill yang kami miliki," ujar Panji Nugroho (27 tahun), anggota KUB Sejahtera Jaya.