Selasa 24 Oct 2017 08:09 WIB

Anak 10 Tahun ini Berjualan Kue Hingga Larut Malam

Tim Rumah Zakat memborong dagangan Rama saat berjualan di pom bensin Dewi Sartika.
Foto: rumah zakat
Tim Rumah Zakat memborong dagangan Rama saat berjualan di pom bensin Dewi Sartika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Rumah Zakat Cabang Jakarta berkeliling setiap pekan untuk mencari para pedagang kecil di jalanan untuk membantu menjualkan dan memborong dagangan mereka. Pada Jumat (20/10) malam, tim Relawan Rumah Zakat menemukan seorang anak kecil yang menjajakan kue berjualan di Pom Bensin Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Rama, nama bocah berusia 13 tahun yang berjualan kue sempat kaget dan keheranan ketika tim Relawan Rumah Zakat menghampiri untuk menyampaikan maksud memborong kue miliknya. “Saya, sempet deg degan (kaget dan khawatir) kak,” ujar Rama.

Setelah tim memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kehadirannya, Rama mulai mau terbuka dan berbicara mengenai kondisinya seperti apa sehingga harus berjualan. Saat ini usia Rama 13 tahun, dia sudah membantu ibunya untuk berjualan kue. Jenis kue yang dijual memiliki 3 macam jenis  yaitu kue klepon, kue bolu dan kue lapis.

Rama mulai berjualan jam 5 sore sampai jam 10 malam. Pendapatan jualan per harinya tidak tentu, kadang habis kadang masih sisa cukup banyak. Kue yang tersisa sering ia bagikan kepada orang-orang yang ada disekitarnya karena kue tidak bisa dijual kembali besok alasannya adalah kuenya akan basi dan sayang bila terbuang.

Dua bulan lalu, keponakan Rama membantu menemani berjualan yaitu Farel yang masih berusia 10 tahun. Merekamenjajakan jualannya bersama-sama. Harga kue yang dijual Rama sebesar Rp 5.000 untuk setiap bungkusnya. Rama berjualan setiap hari untuk membantu kedua orang tuanya. Ayahnya berprofesi sebagai pemain suling di sebuah café, sedangkan ibunya lah yang membuat kue di rumah untuk dijual ke warung-warung tetangga.

Rama tinggal bersama kedua orangtuanya serta dua orang adik yang kini berumur 3 dan 7 tahun. Mereka tinggal sekeluarga di rumah kontrakan daerah Cililitan, Jakarta Timur.  Setelah di borong kue-kuenya, tim relawan Rumah Zakat langsung membagikan kue tersebut kepada pengemis, pemulung, pengamen serta tukang ojek online sekitar jalan Oto Iskandar Dinata sampai Terminal Kampung Melayu.

“Bila dari teman-teman yang kebetulan sedang melewati atau berada di pom bensin daerah Dewi Sartika dan bertemu dengan Rama yang sedang berjualan kue, dapat membantu dengan membeli jualannya," ujar Sahruldin Koordinatur Relawan Rumah Zakat cabang Jakarta Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement