Sabtu , 07 October 2017, 13:27 WIB

Peduli Rohingya AKIM Kirim 5.000 Paket Pangan

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat
AKIM mendistribusikan 5.000 paket pangan untuk pengungsi Rohingya.
AKIM mendistribusikan 5.000 paket pangan untuk pengungsi Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLADESH -- Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap pengungsi Rohingya begitu besar, sehingga seruan kemanusiaan terus bergulir di Tanah Air. Demikian halnya yang ditunjukkan oleh masyarakat Jawa Barat. Pundi-pundi donasi terus dihimpun, mulai dari perorangan, komunitas hingga perusahan-perusahan di Jawa Barat turut menunjukkan kepeduliannya.

Ahad (1/10) lalu, atas nama masyarakat Jawa Barat, Rumah Zakat yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia (AKIM) mendistribusikan bantuan pangan untuk 5.000 pengungsi Rohingya di Kutupalong Refugee Camp, Ukhiya, Cox's Bazar, Bangladesh. Ini merupakan salah satu kamp besar yang dihuni ratusan ribu pengungsi.

Ahad sore, orangtua, pemuda hingga anak-anak mewakili keluarganya mengantre panjang untuk menukar kupon dengan paket bantuan pangan. Paket bantuan ini adalah bagian dari rangkaian distribusi bantuan masyarakat Jawa Barat serta masyarakat Indonesia umumnya yang masih akan terus berlangsung.

Berdasarkan laporan dari PBB, lebih dari 480 ribu pengungsi telah memasuki Bangladesh sejak 25 Agustus 2017 lalu, dan kini mereka harus menghadapi krisis pangan di pengungsian. "Jumlah pengungsi yang masih terus bertambah membuat kebutuhan akan pangan pun terus meningkat dari waktu ke waktu," ujar Tim kemanusiaan Rumah Zakat Agus Suryadi.