Senin , 25 September 2017, 19:17 WIB

Pemuda Desa Magelang Pelopori Program Cinta Lingkungan

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
Relawan Rumah Zakat bersama pemuda desa Gondosuli pelopori gerakan cinta lingkungan.
Relawan Rumah Zakat bersama pemuda desa Gondosuli pelopori gerakan cinta lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Relawan Rumah Zakat mengisisiasi program cinta lingkungan. Afifudin Nurkhamim, Fasilitator Desa Berdaya di Desa Berdaya Gondosuli, Magelang bersama tokoh pemuda mempelopori Program Cinta Lingkungan dengan melakukan gerakan pembersihan lingkungan sekitar sungai yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah di Dusun Daleman.

Geraka pembersiahan ini dilakukan dengan menutup area tempat pembuangan sampah di area pinggiran sungai. Area pinggiran sungai adalah area yang harus dijaga kelestariannya. Jika terjadi pencemaran lingkungan akan mengganggu kelestarian dan keindahan dusun. Selain itu secara tidak langsung akan mencemari lingkungan khusunya aliran sungai, karena banyak juga sampah yang terjun langsung ke sungai.

Tidak hanya sekedar menutup tempat pembuangan sampah, warga Daleman yang dipelopori oleh kelompok pemuda dusun, akan menyediakan tempat pembuangan sampah berupa ember besar yang akan di pasang di titik-titik sekitar rumah warga.

“Dengan adanya penutupan ini, diharapan warga akan membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan, yaitu ember di sekitar rumah warga yang nantinya akan dikelola bersama warga," kata Agus Rahmat, salah satu pelopor gerakan ini.

Sebanyak  15 ember besar yang merupakan swadaya murni warga di Dusun Daleman diharapkan mampu mengubah kebiasaan buruk warga membuang sampah sembarangan.

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di desa Gondosuli sangat mendukung dan akan mendampingi gerakan warga  ini. Diharapkan dengan pemndampingan dari Rumah Zakat gerakan cinta lingkungan ini akan berjalan secara berkelanjutan.


 


Berita Terkait