Jumat , 08 September 2017, 23:52 WIB

SD Juara Cimahi Gelar Simulasi Manasik Haji

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
SD Juara Cimahi menggelar manasik haji.
SD Juara Cimahi menggelar manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- SD Juara Cimahi menggelar kegiatan simulasi Manasik Haji Senin (4/9) sebagai bagian kegiatan Syiar terhadap hari raya Idul Adha 1438 H. Sepekan sebelum kegiatan para guru diberi pembekalan mengenai Manasik Haji oleh Ustaz Eko Budi Hartomo. Anak-anak pun mendapatkan prakondisi dari berupa tayangan prosesi Haji dan sejarah Nabi Ibrahim serta keluarganya.

Manasik Haji ini dibuat lebih lengkap karena prosesnya dimulai dari pembuatan paspor di kantor imigrasi, dilanjutkan ke Bandara Soekarno Hattta, hingga proses dalam pesawat dan tiba di Bandara King Abdul Aziz.

“Anak-anak kelas atas ditugaskan menjadi para petugas di kantor imigrasi,  bandara, ada yang menjadi pilot juga pramugari sampai menjadi para askar di tanah suci,” kata Nurzaman, kepala sekolah SD Juara Cimahi.

Selanjutnya, rangkaian pelaksanaan haji pun diikuti anak-anak kelas bawah yang dibagi dalam 4 kloter.  Setiap kloter dibimbing 3 orang anak kelas VI. Para pembimbing mengarahkan dan memberikan contoh semua tatacara ibadah haji. Anak-anak pun diberi kostum sebagaimana kain ihram yang dikenakan para jamaah haji.

Suasana tempat haji dipersiapkan dengan beberapa alat dan bahan sederhana yang ada. “Alhamdulillah,  anak-anak merasa manasik kali ini berbeda dan lebih seru. Semoga semakin banyak hikmah dan pelajaran yang diperoleh anak-anak.” kata Nuruzaman.