Sabtu , 12 Agustus 2017, 10:33 WIB

Mahasiswa UPS Pelajari Pengelolaan Bank Sampah Barokah

Red: Qommarria Rostanti
Dok Rumah Zakat
Bank Sampah Barokah dikunjungi mahasiswa KKN Univeristas Pancasakti Tegal.
Bank Sampah Barokah dikunjungi mahasiswa KKN Univeristas Pancasakti Tegal.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Aktivitas Bank Sampah Resik Barokah RT 03 RW 02 Kelurahan Debong Tengah, Kota Tegal, Jawa Tengah, terasa berbeda dari pekan-pekan biasanya. Pasalnya bank sampah tersebut kedatangan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Pancasakti Tegal (UPS).

Kunjungan ke Bank Sampah Resik Barokah ini untuk melihat lebih dekat kegiatan pemberdayaan dan aktivitas peduli lingkungan yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa Berdaya Debong. Mahasiswa yang berjumlah 13 orang itu langsung ikut terjun dalam kegiatan bank sampah seperti menimbang dan memilah sampah, mereka pun sekaligus mempelajari proses kerja bank sampah.

Komunikasi awal di lokasi bank sampah dengan para mahasiswa menjadi kesempatan baik untuk fasilitator Desa Berdaya, Mujib, untuk membangun sinergi dan kerja sama dengan mahasiswa. Mereka ingin lebih menggiatkan lagi kegiatan pemberdayaan dan membangun peran serta masyarakat dalam kegiatan sosial warga Kelurahan Debong Tengah.

“Alhamdulilah bisa bersinergi dengan para mahasiswa, mereka pun telah sepakat untuk membahas bentuk-bentuk aksi nyatanya pekan depan. Semoga kerja sama ini bisa berlangsung dan berlanjut meski mereka telah selesai melaksanakan KKN. Aamiin,” ujar Mujib dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini.