Kamis , 10 August 2017, 15:30 WIB

Puasa Sunah Jadi Kegemaran Siswa SMP Juara Pekanbaru

Red: Qommarria Rostanti
Dok Rumah Zakat
Suasana menjelang berbuka puasa di SMP Juara Pekanbaru.
Suasana menjelang berbuka puasa di SMP Juara Pekanbaru.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kebiasaan berpuasa ditanamkan sejak dini di SMP Juara Pekanbaru, tidak hanya puasa wajib, melainkan juga puasa sunah. Selain menanamkan kegemaran berpuasa sunnah, SMP Juara Pekanbaru pun menyelenggarkan kegiatan buka puasa bersama yang disambut antusias oleh para siswa.

Seperti halnya yang terjadi Kamis (3/8). Para siswa terlihat ramai endatangi sekolah setelah pukul 15.00 WIB. Usai sekolah, mereka pulang ke rumah terlebih dahulu.

Mereka bersiap untuk acara buka puasa bersama setelah seharian ini berpuasa sunnah. Siswa yang mengikuti puasa sunnah berjumlah 82 orang siswa dari semua kelas. Kegiatan buka bersama diawali dengan membacakan surah al-Matsurat bersama siswa, dilanjutkan penyampaian beberapa motivasi keislaman oleh pihak sekolah yang diwakili Imam Faisal.

Ada juga dialog mengenai kegemaran melaksanakan puasa sunnah. Ada diantara siswa dari kelas VII sudah terbiasa dengan puasa sunnah. David misalnya, sejak kelas VII dia sudah melaksanakan puasa sebanyak delapan kali, kelas VIII meningkat menjadi 12 kali, dan sekarang di kelas IX, David ingin memperbanyak lagi puasa sunnah.

“Saya ingin kelas IX ini bisa lebih banyak lagi melaksanakan puasa sunnah, dan saya menikmatinya, nanti selanjutnya juga ingin melaksanakan UN (ujian nasional) jadi harus banyak beribadah,” kata David dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/8).

Kepala SMP Juara Pekanbaru, Syahrul Padilah, berterima kasih kepada donator yang sudah memfasilitasi kegiatan buka puasa tersebut. "Semoga rezekinya semakin berlimpah dan penuh berkah, anak-anak sangat senang dengan kegiatan Jumat Ekspresi ini,” kata dia. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan dia berharap bisa menjadi pemicu siswa untuk lebih dekat dan menjadikan puasa sunnah sebagai kebiasaannya.