Senin 24 Jul 2017 14:50 WIB

Tiga Santri Lansia Ikuti Ujian Kitab At-Tanzil

Santriwati TPQ Lansia Khodijah.
Foto: Dok Rumah Zakat
Santriwati TPQ Lansia Khodijah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADURA -- Tiga santriwati di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Lansia Khodijah, Dusun Saksak, Madura, mengikuti ujian kenaikan jilid kitab at-Tanzil. Ujian yang telah diselenggrakan Selasa (18/7) ini ditempuh setelah dua bulan mereka mengajar mengaji bersama ibu-ibu lainnya.

Ujian yang akan ditempuh adalah kenaikan tingkat pembelajaran dari jilid I kitab at-Tanzil berwarna hijau ke jilid II kitab at-Tanzil berwarna biru. Ketiga santri lansia tersebut yakni Bawon (41 tahun), Sumiatin (45 tahun), dan Yet (41 tahun).

Mereka awalnya belum mengenal huruf hijaiyah. Namun kini ketiganya bahkan sudah bisa membaca huruf hijaiyah bersambung. Satu bulan sebelumnya juga ada empat orang dari santriwati di TPQ Lansia Khodijah sudah terlebih dahulu naik ke jilid II.

Ujian kenaikan diawali dengan pembacaan surah al-Fatihah dan doa sebelum mengaji. Setelah itu dilanjutkan dengan tausiah dan tes ujian fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Fuad Saifullah.

“Alhamdulillah setelah diuji mereka lancar dan layak lulus naik jilid,” kata Fuad dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement