Senin , 17 July 2017, 15:57 WIB

Kembangkan Ekonomi, Rumah Zakat Budi Dayakan Belut

Red: Rahmat Santosa Basarah
Kembangkan Ekonomi, Rumah Zakat Budidayakan Belut
Kembangkan Ekonomi, Rumah Zakat Budidayakan Belut

REPUBLIKA.CO.ID,SUMBAWA--Rumah Zakat mengadakan training dan seminar tentang budidaya belut di Desa Jorok, Kec. Unter Iwis, Sumbawa. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Jorok ini, diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari kader penggerak, para pemuda dan penerima manfaat bantuan modal usaha. "Kami lihat belut memiliki prospek dan pangsa pasar yang baik. Begitu pula dengan pengolahannya nanti, yaitu dapat dijual langsung atau diolah menjadi kripik belut, atau bisa juga dijual setelah dimasak terlebih dahulu," ujar Relawan Inspirasi Sumbawa, Repi dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (17/7).

Upaya ini, kata Repi sebagai bentuk pendampingan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Rumah Zakat. Ini juga sebagai bagian dari kepedulian Rumah Zakat terhadap pembangunan pedesaan sekaligus menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat yang tinggal dan menetap di desa.

Untuk pemeliharaan, warga berinisiatif untuk membudidayakan belut menggunakan tong atau drum besar. Hal ini agar dinilai lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan membuat kolam untuk tempat membudidayakan belut.  Pemeliharaan belut pun termasuk mudah dilakukan. Selain itu, usia panen pun cepat yaitu bisa dilakukan sekitar 2-3 bulan. ''Saat ini, baru satu drum dan kita gunakan sebagai percobaan serta media pembelajaran untuk warga. Targetnya setiap bulan kita nambah satu drum, sehingga panennya bisa dilakukan dua kali dalam sebulan,'' kata Repi.