Jumat 14 Jul 2017 14:33 WIB

Desa Berdaya Rumah Zakat Jadi Wilayah Tersehat

Desa Berdaya Rumah Zakat Jadi Wilayah Tersehat
Desa Berdaya Rumah Zakat Jadi Wilayah Tersehat

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON--Desa Berdaya Rumah Zakat wilayah Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon kini menjadi salah satu wilayah tersehat di Cirebon. Kini warga Desa Berdaya Kasepuhan sudah sangat menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan anak. Setiap bulan, ibu-ibu yang memiliki balita tak pernah ketinggalan membawa anaknya ke Posyandu. Secara rutin anak-anak ditimbang, diimunisasi, diperiksa dan diberikan makanan tambahan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sering muncul pada anak-anak.

Menurut Fasilitator Desa Berdaya Kasepuhan, Lisa, perubahan ini merupakan hasil dari perjalanan yang tidak mudah. Kondisi masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi serta wawasan yang tidak begitu luas, membuat warga kurang peduli dengan pentingnya PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Begitu pula dengan kesadaran untuk membawa anak-anak dan bayi mereka agar mendapatkan imuniasi setiap bulannya.''Mengubah mindset dari warga adalah salah satu hal tersulit. Banyak dari mereka yang masih tidak peduli dengan kondisi kesehatan maupun lingkungannya. Akibatnya, wilayah Kasepuhan ini mendapatkan predikat dan penilaian yang buruk dari pihak Kelurahan, Puskesmas, juga Kecamatan. Tapi, saat mendekati kader-kader Posyandu di sini dan melihat semangat dari mereka, saya yakin perubahan itu pasti bisa dilakukan,” papar Lisa, dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Jumat (14/7).

Berkat kerja sama yang baik, kegigihan, dan ketekunan dari para Kader Posyandu, Fasilitator Desa Berdaya serta pihak Puskesmas, pembinaan yang sudah dimulai sejak tahun 2014 di wilayah Kp. Kesunean RW 09 mulai mendapatkan hasil. Wilayah ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari banyak pihak seperti penghargaan tingkat kecamatan, tingkat kota, memenangkan berbagai perlombaan, bahkan Posyandu ini pun pernah mendapatkan penghargaan sebagai Posyandu Terbaik tingkat nasional.

Karena penghargaan inilah, Posyandu wilayah Kp. Kesunean RW 09 pernah didatangi dan dijadikan sebagai objek study banding oleh Puskesmas Provinsi Bengkulu dan Banten. “Ini merupakan salah satu kebanggan bagi kami karena bisa sampai dijadikan sebagai objek study banding. Semoga bisa memberikan manfaat dan apa yang kami terapkan di sini juga bisa dikembangkan di wilayah mereka,” ujar Lisa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement