Jumat , 14 Juli 2017, 18:00 WIB

Rumah Zakat Bantu Anggota Binaan dengan Modal Usaha

Red: Qommarria Rostanti
Dok Rumah Zakat
Salah satu anggota binaan Desa Berdaya Rumah Zakat.
Salah satu anggota binaan Desa Berdaya Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat terus berupaya memberdayakan masyarakat Indonesia untuk hidup mandiri secara ekonomi. Salah satunya dengan memberikan bantuan modal usaha kepada anggota binaan di berbagai Desa Berdaya Rumah Zakat.

Salah satu Desa berdaya Rumah Zakat berlokasi di Kayu Manis, Jakarta Timur. Beberapa anggota binaan di Desa Berdaya Kayu Manis adalah Neng, Rahayu, Sri Suharyati, dan Cicah. Keempat anggota tersebut memiliki usaha berbeda-beda.

Neng mendapatkan bantuan usaha untuk toko sayuran, Rahayu mendapatkan untuk usaha gorengan, Sri Suharyati untuk usaha combro, sedangkan Cicah mendapatkan bantuan untuk usaha lauk-pauk.

Melalui fasilitator Desa Berdaya, Rumah Zakat tidak hanya memberikan bantuan berupa modal usaha saja, namun juga pendampingan serta supervisi. Adapun pendampingan diberikan dalam bentuk edukasi kewirausahaan, produk manufaktur yang baik, serta penguatan produk dan pemasaran.

Fasilitator Desa Berdaya Kayu Manis, Adhy, mengatakan para penerima manfaat bantuan modal usaha merasa sangat terbantu. "Alhamdulilah penyaluran modal usaha kepada beberapa member binaan telah dilaksanakan pada Kamis lalu, mereka sangat berterima kasih kepada Rumah Zakat karena telah memberikan bantuan kepada mereka," ujar Adhy dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (14/7).