Kamis 22 Jun 2017 09:01 WIB

Rumah Zakat Salurkan Bantuan Iqra

Rumah Zakat salurkan bantuan iqra
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat salurkan bantuan iqra

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI -- Masjid Nurul Huda Ngancar dipenuhi jamaah Majelis Taklim Annisa. Dengan mengenakan dresscode hijau, jamaah Majelis Taklim Annisa ini memasuki ruang utama jamaah putri. Para jamaah, mereka menghampiri kotak infaq di depan pintu dan baskom berisi tumpukan iuran beras pekanan yang dibawa setiap jamaah.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan kajian rutin yang telah dirintis almarhumah Hj. Siti Maryam sekitar empat tahun lalu itu. Setiap Bulan Ramadan, jadwal diajukan jam 10.00 WIB, lebih awal 3 jam dari biasanya. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi beberapa hal, baik rasa kantuk yang menyerang di siang hari, maupun waktu persiapan untuk berbuka di rumah.

Pascawafatnya pendiri sekaligus pengampu kajian rutin tersebut, diakhir bulan Sya'ban kemarin, pengurus majlis taklim memberikan sampur amanah kepada Nofrida AP, SS untuk melanjutkan perjuangan almarhumah. "Ini merupakan amanah berat, namun dengan langkah bismillah dan demi keberlangsungan agenda umat ini saya bersedia," kata Nofrida.

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan. Selain materi kajian, ibu dari empat anak ini juga menyampaikan tahsin Alquran. Jamaah majelis taklim pun menyambut dengan gembira. "Alhamdulillah, dengan belajar tahsin, saya jadi tahu posisi huruf dan bacaan yang benar," kata Puji, salah seorang jamaah.

Mengingat jumlah sarana penunjang yang masih kurang, akhirnya perempuan yang juga dikenal  sebagai Relawan Rumah Zakat desa Ngancar Wonogiri ini membantu menyalurkan bantuan berupa sejumlah buku Iqra dan kumpulan doa al-ma'tsurat dari Rumah Zakat.

Hj. Siti Syamsiyah, seorang pengurus Majlis Taklim Annisa menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya. "Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Rumah Zakat kepada kami. Semoga barokah dan manfaat untuk pembelajaran tahsin ke depannya," ujar Siti.

Dua hari sebelumnya, Rumah Zakat juga mengadakan buka bersama santri TPQ dan Rumah Quran Nurul Huda di tempat yang sama. Diakhir acara kajian, relawan pun menyerahkan bingkisan berisi Iqra dan kumpulan doa Al-ma'tsurat tersebut kepada Susanti, istri Kepala Dusun Karangasem sebagai wakil dari Majlis Taklim Annisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement