Senin , 19 June 2017, 16:00 WIB

Syiar Quran untuk TPQ Sabilul Irsyad

Red: Gita Amanda
rumah zakat
Syiar Quran unuk TPQ Sabilul Irsyad
Syiar Quran unuk TPQ Sabilul Irsyad

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Bertepatan dengan hari ke 20 Ramadhan 1438 hijriah, Rumah Zakat Pontianak kembali menyalurkan Alquran dan Iqra. Penyaluran kali ini dilakukan di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Sabilul Irsyad, Kelurahan Tanjung Hulu, Kecamatan  Pontianak Timur, Kota Pontianak. 

TPQ yang menjadi lokasi penyaluran terletak di tepi jalan dengan wilayah padat penduduk. TPQ tersebut sudah berdiri sejak 12 tahun yang lalu. Relawan Rumah Zakat menyalurkan paket Syiar Quran di TPQ tersebut dikarenakan jumlah santrinya yang banyak, sedangkan kondisi Alquran hampir separuhnya sudah rusak berat, selain itu terdapat 20 santri yatim piatu.

Kedatangan tim relawan Rumah Zakat disambut bahagia oleh beberapa santri, salah satunya adalah Ryan (9 tahun). Saat ini, ia duduk di bangku kelas 3 SDN 27 Pontianak. Ryan sudah tidak mempunyai orangtua, ia sudah menjadi anak yatim piatu sejak balita.  Saat ini Ryan tinggal dengan kakek dan bibinya. Sepulang sekolah Ryan biasanya membantu kakeknya yang berjualan es tebu di depan Sekolah Dasar 04.

Ryan becita-cita ingin menjadi tentara Indonesia. Ia sudah dua tahun mengaji di TPQ Sabilul Irsyad. Kebiasaannya mengaji tidak hanya di TPQ saja, ia juga sering mengaji rumahnya bersama kakek tercinta.

"Terima kasih kasih saya ucapkan kepada donatur Rumah Zakat, Ryan sangat bahagia sekali karena mendapatkan Alquran disertai terjemahan, jadi bisa belajar lebih dalam lagi tentang Islam, " ujar Ryan