Rabu , 17 May 2017, 16:24 WIB

Tren Berdonasi Selama Ramadhan, Rumah Zakat: Harapannya Bisa Berlanjut Sepanjang Tahun

Red: Agung Sasongko
Dok. Rumah Zakat
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi,
CEO Rumah Zakat, Nur Efendi,

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Selama Ramadhan tren berdonasi donatur Rumah Zakat dan masyarakat umum sanat tinggi. Pada Ramadhan 2016 sebanyak  125.173 paket bantuan dapat tersalurkan ke seluruh Indonesia. Meningkat dari tahun tahun 2015 yang jumlahnya 110.291 paket bantuan.

“Oleh karena itu, harapannya program Senyum Ramadhan menjadi alternatif pilihan donasi para muzakki (pembayar zakat) dan masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, kategori donasi yang paling banyak diamanahkan oleh masyarakat adalah zakat,” papar CEO Rumah Zakat Nur Efendi, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (17/5).

Menurut dia, hal ini sangat bersesuaian dengan visi pemberdayaan masyarakat berkelanjutan berbasis dana zakat.

Rumah Zakat sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) memiliki peran strategis untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Hal ini dikarenakan LAZNAS diantaranya memiliki peran sebagai lembaga filantropi yang menghimpun dana zakat dengan potensi yang besar dari masyarakat, sekaligus sebagai pelaku langsung program-program pemberdayaan secara langsung di tengah masyarakat.

“Kami mengharapkan, semangat masyarakat Indonesia untuk menunaikan zakat semakin tumbuh. Harapannya tren untuk berbagi (berdonasi) di Bulan Ramadhan bisa menjadi semangat bahkan gaya hidup sepanjang tahun. Karena hal ini berarti memperbesar peluang kita untuk memberdayakan masyarakat yang kurang mampu,” ujar Nur Efendi.

 

Berita Terkait