Selasa 16 May 2017 16:03 WIB

Rumah Zakat Siapkan Ratusan Ribu Paket Ramadhan untuk 1.080 Desa

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
 RZ (Rumah Zakat) cabang Medan membagikan 33 paket Kado Lebaran Yatim (KLY) kepada siswa SD Juara Medan di hari ke-7 Ramadhan, Ahad (12/6)
RZ (Rumah Zakat) cabang Medan membagikan 33 paket Kado Lebaran Yatim (KLY) kepada siswa SD Juara Medan di hari ke-7 Ramadhan, Ahad (12/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 160.624 paket akan didistribusikan Rumah Zakat (RZ) selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Melalui program Senyum Ramadhan, paket-paket itu akan diberikan di Desa Berdaya binaan Rumah Zakat dari Aceh hingga Papua.

CEO Rumah Zakat, Nur Effendi mengatakan, 1.080 desa yang merpakan Desa Berdaya binaan RZ berada di 36 kabupaten/kota. Sejumlah bagian dari program Senyum Ramadhan di antaranya adalah Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga dan Syiar Quran.

"Kami berkomitmen memberdayakan masyarakat di 1.080 Desa Berdaya di tahun 2017 ini berdasarkan pada target-target pembangunan berkelanjutan atau Suistanable Development Goals (SDGs)," kata Nur, Selasa (16/5).

Ia menilai, bulan suci Ramadhan merupakan momen istimewa saat masyarakat memerlukan bantuan kebutuhan pokok ekstra, karena biasanya kebutuhan makin banyak dan harga cenderung mahal. Menurut Nur, alasan itu yang membuat RZ meningkatkan jumlah dan sebaran program Senyum Ramadhan.

Nur turut mengingatkan, Rumah Zakat akan memasuki usia 19 tahun per Juli nanti, dan telah mengalami tiga proses perubahan. Ada perubahan pengelolaan dari tradisional ke profesional pada 2006, rebranding pada 2010, hingga tahun ini dari profesional menuju intreprenuer ececution.

"Sehingga, teman-teman pejuang tidak boleh lagi pikirkan diri sendiri, harus senantiasa memikirkan orang banyak," ujar Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement