Selasa , 11 April 2017, 15:28 WIB

KBRI Kenya Apresiasi Misi Kemanusiaan RZ untuk Somalia

Red: Rahmat Santosa Basarah
Republika/Tahta Aidila
Nur Efendi, CEO RZ
Nur Efendi, CEO RZ

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Setelah menyelesaikan misi kemanusiaan tahap pertama di Somalia, hari Senin (10/4), tim kemanusiaan Rumah Zakat untuk Somalia bersilaturahmi ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kenya di Nairobi.
“Kami melaporkan aksi kemanusiaan yang sudah dilakukan di Somalia selama 8 hari kemarin, berapa jumlah bantuan yang didistribusikan, siapa mitra lokal yang bekerjasama, juga menjelaskan tentang kondisi terbaru di Somalia, mulai dari kondisi warga hingga infrastruktur di sana,” tutur Hermansyah, Program Management Division Head Rumah Zakat dalam siaran pers yang diterima Republika di Bandung, Selasa (11/4).

Kunjungan tim kemanusiaan Rumah Zakat ini disambut hangat oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kenya, R. Soehardjono Sastromihardjo.  “Pak Soehardjono menyampaikan apreasiasinya kepada Rumah Zakat yang telah mewakili Indonesia menyalurkan bantuan ke Somalia melalui jalur legal. Beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah pun melalui Kementrian Luar Negeri memiliki rencana yang sama untuk membantu Somalia,” jelas Hermansyah.

Dalam pertemuan tersebut, KBRI juga menyampaikan rencana penyaluran ke wilayah Afrika lainnya, seperti Sudan Selatan, Uganda, Nigeria, Somalia dan wilayah Afrika lainnya yang terdampak bencana kekeringan dan kelaparan. “Pak Dubes berharap pemerintah dan institusi swasta seperti Rumah Zakat dapat bersinergi untuk melaksanakan aksi kemanusiaan berikutnya. Dan kami tentu saja menyambut baik ajakan sinergi ini,” ungkap Hermansyah.