Selasa , 04 April 2017, 17:52 WIB

RZ Distribusikan Makanan dan Air Bersih ke Camp Kaamil, Somalia

Red: Rahmat Santosa Basarah
im kemanusiaan Rumah Zakat mendistribusikan paket makanandan air bersih di Camp Kaamil, Somalia.
im kemanusiaan Rumah Zakat mendistribusikan paket makanandan air bersih di Camp Kaamil, Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID,SOMALIA--Tim kemanusiaan Rumah Zakat mendistribusikan paket makanandan air bersih di Camp Kaamil, Somalia. Camp Kaamil merupakan salah satu tempat pengungsian yang ada di kota Mogadishu, Somalia yang dihuni oleh 250 keluarga atau sekitar 1000 jiwa. Tempat pengungsian tersebut didominasi oleh anak-anak dan wanita.

Kekeringan dahsyat yang melanda Somalia mengharuskan warganya untuk mengungs.Pengungsi di Camp Kaamil berasal dari Desa Kuntuwaareey yang jaraknya sekitar 200 kilometer dari Mogadishu.Dengan jarak tempuh yang sangat jauh, mereka terus berjalan kaki agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak


"Kebanyakan para suami tetap tinggal di desa untuk menjaga rumah.Kepergian istri-istridan anak-anak mereka untuk mengungsi adalah demi meringankan beban kehidupan di desa," ujar tim kemanusiaan Rumah Zakat untuk Somalia, Hermansyah dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (4/4). "Di Camp ini tidak ada air untuk bersih-bersih, termasuk untuk buang air. Lokasi buang air pun dekat tempat tidur," tutur Hermansyah. Tim kemanusiaan Rumah Zakat akan berada di Somalia sampai sepuluh  hari ke depan. "Mohon doanya, kami akan terus melanjutkan distribusi bantuan untuk warga yang ada di Somalia," ungkap Hermansyah.