Senin , 20 March 2017, 11:24 WIB

Rumah Zakat dan Kitabisa Bantu Renovasi MCK di Pangandaran

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
Rumah Zakat dan Kitabisa membantu pengadaan MCK di Pangandaran.
Rumah Zakat dan Kitabisa membantu pengadaan MCK di Pangandaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Rumah Zakat bersama Kitabisa.com menyalurkan bantuan renovasi MCK di Dusun Cipari Desa Bojongsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Menurut Relawan Inspirasi Rumah Zakat Iwan Iswanto, kondisi MCK di wilayah tersebut sudah tidak layak dan tidak sehat digunakan.

“Desa Bojongsari, khususnya Dusun Cipari merupakan daerah rawan kekeringan. Namun di sekitar MCK ini ada sumur galian yang hampir tidak pernah surut meskipun di musim kemarau, jadi kita coba untuk bantu pembangunan MCK agar kondisinya bisa lebih layak untuk digunakan oleh warga,” ujar Iwan, Kamis (16/3).

Hadiah Sepatu RZ untuk Anak-Anak Pidie Jaya

Kepala Desa Bojongsari Dato mengatakan meski banyak kondisi MCK yang tidak layak digunakan, namun pihaknya belum bisa mengalokasikan dana untuk memperbaiki fasilitas tersebut. Ia menambahkan, pihak pemerintah desa masih memprioritaskan dana bagi perbaikan jalan yang juga membutuhkan banyak biaya.

“Hal ini menjadi salah satu permasalahan di desa kami. Di beberapa lokasi lainpun masih ada MCK umum yang kondisinya memprihatinkan. Sementara pihak desa saat ini masih memprioritaskan untuk perbaikan jalan. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu perbaikan MCK di wilayah kami,” kata Dato.

Selain di Dusun Cipari, Rumah Zakat berencana akan kembali membantu renovasi MCK di Desa Bojongsari. Menurut Iwan, pihaknya akan memprioritaskan bantuan untuk MCK dengan kondisi paling parah diantara yang lainnya.