Jumat , 10 Maret 2017, 17:09 WIB

Rumah Zakat Inisiasi Kelompok Bermain untuk Anak Kurang Mampu

Red: Dwi Murdaningsih
rumah zakat
Taman bermain Rumah Zakat di Makassar.
Taman bermain Rumah Zakat di Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Rumah Zakat menginisiasi program KB (Kelompok Bermain) Juara untuk anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kel. Rappokalling, Kec. Tallo, Kota Makassar. KB Juara tersebut sudah didirikan sejak tahun 2014. Setiap Selasa hingga Kamis, sebanyak 18 anak yang usianya antara tiga sampai empat tahun bermain dan belajar di KB Juara.

"Anak-anak yang sekolah di sini berasal dari keluarga tidak mampu. Ada yang orangtuanya buruh cuci, tukang becak, dan pemulung," tutur Taqim, Fasilitator ICD Rappokalling bidang pendidikan, Jumat (10/3).

Menurut Taqim kehidupan di daerah sekitar KB Juara cukup keras. Para siswa KB Juara yang usianya di bawah 5 tahun tersebut kerap berkata-kata dengan bahasa kasar. Hal itu membuat Taqim dan para relawan guru di KB Juara bertekad untuk membentuk anak-anak didik mereka menjadi generasi yang shaleh dan shalehah.

"Di samping kegiatan kreativitas Kami memfokuskan pendidikan spiritual bagi anak-anak seperti menghafal surat-surat pendek Alquran, shalat, dan doa-doa. Kami rasa hal itulah yang paling dibutuhkan para murid di sini. Dan kami pun berharap suatu hari nanti kami bisa menambah mainan edukatif bagi para siswa di sini," kata da.

Taqim menambahkan, meski berasal dari keluarga kurang mampu namun anak-anak memiliki semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu. Oleh karena itulah para guru berupaya untuk mendidik para siswa agar siap saat anak melanjutkan pendidikan ke Taman Kanak-kanak (TK).