Rabu , 08 March 2017, 11:51 WIB

Kelas Ibu Hamil Bantu Ibu Pelajari Tanda-Tanda Persalinan

Red: Dwi Murdaningsih
RZ
Kelas Ibu Hamil, kegiatan yang diprakasai oleh Rumah Zakat.
Kelas Ibu Hamil, kegiatan yang diprakasai oleh Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Rumah Zakat (RZ) memiliki program ‘kelas ibu hamil’. Kelas Ibu Hamil merupakan salah satu program yang berisi edukasi atau penyuluhan bagi para ibu hamil. Kegiatan ini digelar rutin setiap bulan di wilayah binaan Cita Sehat bersama Rumah Zakat.

Belum lama ini, Rumah Zakat menggelar kelas di Posyandu RW 03 Kel.Gumuruh, Kec. Batununggal Kota Bandung. Materi yang diberikan kali ini mengenai tanda-tanda awal persalinan yang disampaikan oleh Bidan Nariezka.

“Materi ini sangat penting diberikan kepada ibu hamil apalagi di usia kehamilan yang sudah menjelang 9 bulan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan sang ibu untuk dapat menghadapi proses persalinan dengan lancar, tidak stress atau tidak panik,” tutur Nariezka.

Kegiatan ini diikuti oleh 3 orang ibu hamil. Pemberian materi dilaksanakan dengan metode diskusi. Hal ini bertujuan agar setiap ibu hamil dapat bertanya dan mengungkapkan pendapat mengenai pengalaman kehamilannya masing-masing. Para ibu hamil juga menjadikan momen ini sebagai sarana untuk konsultasi kehamilan.

“Alhamdulillah kegiatan kelas Ibu Hamil ini sangat bermanfaat, apalagi materi tadi tentang persiapan mengahadapi persalinan,” ujar Wati, salah satu peserta kegiatan.