Rabu , 31 May 2017, 08:50 WIB

FMP Ajari Pemulasaraan Jenazah ke Masjid-Masjid

Red: Agus Yulianto
Sinergi Foundation
Pelatihan mengurus jenazah oleh Firdaus Memorial Park.
Pelatihan mengurus jenazah oleh Firdaus Memorial Park.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Firdaus Memorial Park (FMP) Sinergi Foundation menggelar roadshow A-Z pemulasaraan jenazah sesuai syariah ke masjid-masjid di Bandung Raya selama Bulan Suci Ramadhan. Pasalnya, saat ini, tak sedikit ditemukan kaum muslimin yang kebingungan saat dihadapkan dengan kematian kerabat, keluarga, tetangga dan orang-orang terdekatnya.

Koordinator program FMP, Muhammad Rifqi mengatakan, bahwa selama ia berkhidmat dalam program pengurusan jenazah di FMP Bandung. “Berbagai alasan dikemukakan, mulai dari tak paham, takut, hingga tak tahu tata cara mengurus jenazah. Perkara wajib seperti memandikan, mengafani, menyalatkan, hingga menguburkan, menjadi problema yang mengemuka. Padahal pengurusan jenazah hukumnya wajib kifayah. FMP hadir mengadakan roadshow ke masjid-masjid dan majelis taklim,” kata Rifqi, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, belum lama ini.

Selama pelatihan inilah, FMP menghadirkan para ustaz yang berpengalaman dalam pemulasaraan jenazah sesuai syariah dari proses memandikan hingga selesai penguburan. Masjid Muhajirin Bandung menjadi tempat pertama roadshow dan akan ada puluhan masjid yang disambangi tim FMP hingga 15 hari ke depan.

Menurut Rifqi, program ini gratis alias tak dipungut biaya. Masyarakat yang ingin mengundang FMP ke masjid-masjidnya bisa langsung mengontaknya pada nomor 08572168 0280. “Selain edukasi pengurusan jenazah, kami juga sosialisasikan program Firdaus Memorial Park,” katanya,” katanya.

Firdaus Memorial Park (FMP) merupakan Taman Wakaf Pemakaman Muslim yang digagas oleh Sinergi Foundation. Ketika orang miskin ‘dilarang’ mati, lantaran tingginya biaya untuk penyediaan lahan pemakaman, Firdaus Memorial Park hadir sebagai solusi. Mulai dari prosesi memandikan, mengafani, menyalatkan, hingga memakamkan, plus penyediaan lahan pemakaman itu sendiri, murni cuma-cuma tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun.

Pemakaman yang memiliki konsep asri, nyaman, ramah lingkungan, dan sesuai syariah serta mendapat rekomendasi syar’i dari MUI ini, berada di kawasan Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat. Lahan ini terletak tepat di KM 106,300-105,700 Tol Purbaleunyi arah Jakarta. 

Sejak tahun 2012, sudah ada puluhan wakif dan dhuafa yang dimakamkan di kompleks pemakaman muslim ini. Lebih jelas tentang FMP silakan kunjungi website www.firdausmemorialpark.org.

Kiprah Sinergi Foundation

Sinergi Foundation (Yayasan Semai Sinergi Umat) sendiri  adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif, dan ZIS (zakat, infaq dan shadaqah). Dengan sinergi antar segenap elemen peduli guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian, SF berkomitmen meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal, menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter.

Meretas embrio kelembagaan sejak 2002, yayasan Semai Sinergi Umat (Sinergi Foundation) secara formil disahkan dalam Akta Notaris Nomor 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty SH. Dan diputuskan oleh keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011 tentang Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Pasal 1 dan Pasal 5, yaitu Perubahan Nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau SINERGI Foundation (SF).

Adapun jajajaran Dewan Pembina SF antara lain, Ketua Prof Dr KH Miftah Faridl (Ketua Umum MUI Kota Bandung cum Ketua Dewan Pertimbangan MUI Jabar), H Rachmat Badruddin (Ketua Dewan Teh Indonesia), (alm) Ir H Achmad Noe’man (Maestro Arsitektur Masjid Indonesia), Drs H Erie Sudewo MDM (Social Entrepreneur, Tokoh Zakat Nasional), Dr KH Saiful Islam Mubarak (Pakar Ilmu Alauran). Dewan Pengawas (Syariah) KH Athian Ali M. Da’i Lc MA (Pakar Ilmu Syariah), Dr H Tata Fathurrahman (Akademisi), Drs H Teguh Kustiono (Auditor Profesional).   

Beragam kreativitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan sosial SF hadir menyentuh langsung masyarakat lapisan paling bawah di negeri ini.  Program-program tersebut antara lain: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lumbung Desa (LD), Beasiswa Pemimpin Bangsa (Sinergi Scholarship), Firdaus Memorial Park (FMP), Sinergi Pelayanan Masyarakat, dan beberapa lainnya. Info lebih lanjut bisa klik di www.sinergifoundation.org.