Ahad 22 Jan 2017 09:46 WIB
Tasyakuran HAB ke-71

Enam Tokoh Agama Sampaikan Doa Bersama

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (tengah), mantan Menteri Agama Malik Fadjar (kiri), dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher hadir dalam acara Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kemenag, Jakarta.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (tengah), mantan Menteri Agama Malik Fadjar (kiri), dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher hadir dalam acara Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kemenag, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA -- Enam tokoh agama, Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu menyampaikan doa bersama pada malam Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-71 Tahun 2017. Doa bersama tersebut menjadikan malam tasyakur HAB semakin khidmat.

Sekjen Kementerian Agama Nur Syam mengatakan, dalam momentum HAB ini, tidak hanya ikhlas beramal kita gelorakan semangat, juga bukan marak semata. "Kita canangkan 2017 sebagai tahun perubahan, marilah kita isi dengan ketetapan hati untuk meningkatkan layanan keagamaan kepada masyarakat semakin baik," katanya.

Nur Syam mengatakan, dua tahun terakhir Kementerian Agama menerima penghargaan dari instansi pemerintah dan lembaga lainnya. Sekjen mengutip hasil survei Saiful MujaniResearch and Consulting (SMRC)tentang kinerja Kemenag yang diapresiasi positif masyarakat sebagai kementerian dengan kinerja memuaskan. "Ini merupakan hasil bersama dan teladan para Menteri Agama terdahulu," ujarnya.

Sekjen dalam kesempatan tersebut menyampaikan sejumlah capaian dan apresiasi atas kinerja Kemenag. Di antaranya, Indeks kepuasan jemaah haji terus naik, indeks kerukunan umat beragama juga masih tinggi, dan indeks reformasi birokrasi kita naik peringkat dari CC menjadi B yang berimplikasi naiknya tunjangan kinerja dari 40 menjadi 60 persen.

Kemenag juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti penghargaan dari Presiden sebagai Penyedia Layanan BLU dengan Akses Terjangkau, dan Penghargaan dari Kemenkeu sebagai 5 Kementerian dengan Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar dalam APBN. Selain itu Kementerian Agama juga mendapatkan penghargaan ganda terkait ekonomi syariah, yaitu sebagai Pemrakarsa Proyek Infrastruktur Berbiaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Investor Utama Sukuk Negara Domestik.

"Semoga kita semakin bijak, tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax, jangan berada di menara gading sehingga tidak mudah tersentuh, keberagaman menjadi nomor satu dalam berbangsa dan bernegara dengan saling menghargai," tutur Sekjen.

Dalam malam Tasyakur HAB 71, Kemenag memberikan penghargaan bagi kepala daerah yang telah berkontribusi bagi peningkatan dan pengembangan pendidikan agama dan keagamaan di wilayahnya. Diantaranya, penghargaan bagi Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Tasyakuran juga dimeriahkan oleh penampilan budayawan Sujiwo Tedjo dan komedian Cak Lontong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement