Kamis , 12 Oktober 2017, 17:23 WIB

Yusuf Islam: Alquran Beri Tahu Tujuan Hidup Manusia

Rep: Marniati/ Red: Agung Sasongko
Musisi Cat Steven alias Yusuf Islam.

Ketika itu, ia belum mengenal Islam. Namun, satu kejadian yang ia anggap sebuah keajaiban terjadi. Teman Muslimnya menghadiahkan Alquran kepadanya, meski Yusuf Islam belum bersyahadat, ia merasakan suatu kebenaran dalam Islam saat membaca kitab suci ini.

Selain itu, pengalaman saudaranya yang telah mengunjungi masjid di Yerussalem juga menginspirasi Yusuf Islam. Saudaranya tersebut menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke masjid tersebut. Saudaranya mengaku terkesan dengan bangunan tersebut dan menemukan suasana damai dan tenang ketika berada di dalamnya. 

Lalu, ia memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Yerussalem. Di Yerussalem, ia pergi ke masjid yang dimaksud dan duduk di masjid tersebut. Seorang pria bertanya apa yang ia inginkan. "Aku bilang aku adalah seorang Muslim. Dia bertanya nama saya. Saya mengatakan kepadanya nama saya Stevens. Dia bingung. Saya kemudian ikut bergabung dalam shalat walaupun saya gagal menirukan gerakannya," katanya.

Setelah mengunjungi Yerussalem, Cat Stevens kembali ke London dan menemui saudara perempuannya yang bernama Nafisa. Ia menyatakan keinginannya untuk memeluk Islam. Nafisa mengarahkan Cat Stevens ke Masjid New Regent.

Pada 1977 sekitar satu setengah tahun membaca terjemahan Alquran ia menyadari harus menyingkirkan kesombongan diri dan godaan setan. Lalu, pada Jumat, setelah shalat, ia menghadap imam dan mengucapkan syahadat.