Jumat 24 Feb 2017 16:33 WIB

Yvonne Ridley Kagumi Keistimewaan Alquran

Rep: Dia/berbagai sumber / Red: Agung Sasongko
Burqa
Foto: ohta.org.au
Gereja Anglikan di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagaimana reaksi orang tuanya yang beragama Protestan Anglikan saat Ridley masuk Islam? ''Pada awalnya, keluarga dan teman saya khawatir, tetapi ketika mereka melihat bagaimana bahagianya saya. Saya lebih sehat dan merasa hidup saya lebih punya arti, mereka sangat senang,'' papar Ridley.

Kebahagiaan, ungkap Ridley, terutama dirasakan sang ibu ketika ia memeluk Islam. Kebahagiaan tersebut disebabkan semenjak menjadi seorang Muslimah, Ridley memutuskan untuk meninggalkan kebiasaannya minum minuman keras. ''Ibu saya sangat gembira, karena saya sudah tak minum lagi.''

Setelah memeluk Islam, Ridley memutuskan untuk mengenakan baju Muslim dan jilbab. Ia pun hingga kini masih menjalankan profesinya sebagai seorang wartawan. Dedikasi Ridley sebagai wartawan memang tak diragukan lagi. Muslimah ini pernah bekerja pada sederet media bergengsi, seperti News of the World, The Daily Mirror, The Sunday Times, The Observer, The Independent, dan Sunday Express.

Redaktur Sunday Express, Martin Townsend, pernah mengungkapkan komentarnya mengenai Ridley, ''Dia adalah seorang jurnalis yang sangat berpengalaman dan berani.'' Sementara itu, Colin Patterson, wakil redaktur dari Sunday Sun, menyebutnya sebagai pribadi yang hangat dan suka bersahabat.

Pascatragedi Lockerbie sembilan tahun lalu, Ridley adalah wartawan pertama yang berhasil mewawancarai Ahmad Jibril, pemimpin populer Front for the Liberation of Palestina (Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement