Rabu 15 Feb 2017 17:45 WIB

Dua Pilihan Abdurrahman Al Gonzaga

Rep: Yusuf Assidiq/ Red: Agung Sasongko
Mualaf (ilustrasi)
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Abdurrahman menginjakkan kaki di Tanah Jawa, tepatnya di Yogyakarta, 1993 silam. Tujuannya hanya satu, yakni menempuh studi di Seminari Tinggi Misionaris Keluarga Kudus di Jalan Kaliurang. Saya dikirim oleh keluarga dan keuskupan agung Kupang ke seminari untuk dididik khusus menjadi imam atau pastor, paparnya, beberapa waktu lalu.

Ia pun tekun belajar agama. Maklum, menjadi pastor adalah dambaan keluarga besarnya karena ayah serta beberapa kerabatnya adalah tokoh agama di Kupang. Sehingga, ia diharapkan bisa mengikuti jejak langkah mereka pula.

Hanya setelah lima tahun berjalan, Abdurrahman merasa tidak sanggup untuk menjadi pastor. Dirinya belum siap untuk selibat, hidup sederhana, berkaul, dan lainnya. Sehingga, saya memutuskan untuk keluar dari biara, tutur pria kelahiran tahun 1971 itu.

Selanjutnya, ia tinggal di kos-kosan, yakni di Kampung Lelet, di sebelah selatan Condong Catur, lingkungan komunitas Muslim. Bahkan, pemilik rumah indekosnya juga orang Muslim. Itu memang kebetulan. Awalnya, saya tidak berpikir macam-macam, apakah harus indekos di rumah yang pemiliknya Nasrani.

Kebetulan tersebut membawanya berkenalan lebih dekat dengan Islam. Kampung Lelet membuat Abdurrahman berinteraksi dengan umat Islam. Dia pun mengaku baru mengenal sosok kaum Muslim, kehidupan ibadahnya, dan lainlain di sana. Lama kelamaan, hadir perasaan yang mengganjal. Sebelumnya, ia lebih banyak mendengar cerita dan kisah tentang umat Islam yang berkonotasi negatif.

Islam identik dengan kekerasan, suka membawa pedang, dekat dengan kemiskinan, terbelakang, dan sebagainya. Kenyataannya, ternyata tak seperti itu. Apa yang dilihatnya di Kampung Lelet sungguh sangat berbeda. Orang Islam sangat ramah dan baik. Saya merasa akrab berbaur di antara mereka, aku Abdurrahman yang bernama asli Arnold al Gonzaga itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement